Pansel Janji Tak Ada Titipan KID

Pangkalpinang - Panitia Seleksi (Pansel) Komisi Informasi Daerah (KID) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung janji tak ada titipan dalam rekrutmen KID. Pasalnya panitia ingin mendapatkan komisioner berkualitas guna menyelesaikan sengketa informasi di Bangka Belitung.

Arka'a Wakil Panitia Seleksi Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengatakan, panitia seleksi ingin peserta rekrutmen KID bersaing dengan jujur. Pengisian soal tes potensi akademik ini hendaknya dilakukan dengan baik, tanpa bantuan alat elektronik seperti smartphone. Jika peserta menggunakan smartphone, maka panitia akan mengamankan smartphone tersebut untuk sementara waktu.

"Semua peserta yang mengikuti tes ini saya kenal, jadi bersainglah dengan benar. Pansel tidak melayani titip menitip," tegasnya saat pelaksanaan TPA, di Hotel Bangka City, Sabtu (14/9/2013).

Hal senada dikatakan Latip Pribadi Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Bangka Belitung. Ia mengatakan, pembentukan KID merupakan amanat Undang-Undang No 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. Pembentukan komisi informasi daerah ini diharapkan dapat mengawal dan mempermudah masyarakat mengakses informasi.

"Kita berupaya mempercepat terbentuknya KID. Diharapkan menghasilkan orang-orang yang benar-benar mengerti dan dapat menjalankan amanat undang-undang," ungkap Latip yang juga menjabat sebagai Ketua Pansel KID.

Sebagaimana dijadwalkan, jelasnya, hasil tes potensi akademik akan diumumkan tanggal 18 September. Saat itu pula tim seleksi akan menginformasikan kepada peserta mengenai waktu dan tempat pelaksanaan psikotes dan tahapan seleksi lainnya.

"Pansel menjadwalkan pelaksanaan psikotes tanggal 23 September, dilanjutkan pelaksanaan tes wawancara tanggal 24 September. Mengenai hasil psikotes dan tes wawancara akan diinformasikan tanggal 3 Oktober nanti," jelasnya.

Peserta yang lulus tes akan dihubungi pansel melalui telepon. Ia menambahkan, daftar nama peserta yang lulus psikotes dan tes wawancara akan diserahkan gubernur kepada DPRD provinsi untuk menjalani fit and proper test. Fit and proper test dijadwalkan tanggal 16 hingga 22 Oktober.

Nama-nama peserta yang lulus fit and proper test akan diumumkan melalui media massa tanggal 25 Oktober. "Lima peserta dengan nilai terbaik akan dilantik sebagai komisioner di KID periode 2013 hingga 2017. Pelantikan ini dijadwalkan tanggal 7 November 2013," jelasnya.(hzr/adit/an)

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Huzari
Fotografer: 
Huzari
Editor: 
Huzari