Paripurna, Wagub Kesal!

Pangkalpinang – Hidayat Arsani Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung kesal! Pasalnya dari 47 Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang diundang untuk menghadiri Rapat Paripurna Pengesahan Raperda APBD Tahun 2015, hanya 26 kepala SKPD yang hadir. Sementara 21 kepala SKPD lainnya tidak hadir.

Menurut Wagub, seharusnya kepala SKPD di lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung harus menghadiri rapat paripurna pengesahan raperda APBD ini. Sebab anggota dewan merupakan mitra kerja pemerintah, jadi undangan untuk menghadiri rapat harus menjadi perhatian. Jangan memperlihatkan kesan yang kurang baik dengan ketidakhadiran sejumlah kepala SKPD ini.

“Sebagai Wagub saya akan berpandangan lurus. Jika SKPD kita salah, silahkan tangkap. Jangan takut jika negeri ini mau sehat,” tegasnya saat menyampaikan sambutan pada Rapat Paripurna Pengesahan APBD Tahun 2015 di Gedung DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Senin (24/11/2014).

Selain itu Wagub mengingatkan peran anggota dewan dalam pelaksanaan APBD. Seharusnya sebagai wakil rakyat memperhatikan dan turun langsung melihat realisasi pelaksanaan APBD, sehingga mempunyai data akurat. Jangan sampai anggota dewan hanya mau mengoreksi, namun tidak tidak turun ke lapangan.

“Jangan asal bicara, tapi tidak dilihat ke lapangan. Turun ke lapangan melihat realisasi kegiatan yang dijalankan pemerintah untuk kepentingan rakyat,” saran Wagub.

Selain itu Wagub menyarankan agar SKPD membuat pola kerja lebih baik. Jika melaksanakan kegiatan harus memberikan laporan kepada anggota dewan, sehingga kerja sama mitra terjalin dengan baik. Selama ini terkesan ‘kucing-kucingan’ dengan wakil rakyat. Jangan sampai anggota dewan menjadi berat untuk menyetujui, mengesahkan anggaran program kerja pemerintah.

“Anggota dewan harus menjalankan fungsi sebagai pengawas pembangunan. Jika tidak benar, lakukan sidak ke lapangan. Laporkan saja ke Polda, ke Kejaksaan atau ke KPK jika masalahnya besar,” ungkapnya.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Rizky | Adit Tri Saputra | Huzari
Fotografer: 
Rizky
Editor: 
Huzari