Peduli HAM, Gubernur Terima Penghargaan HAM Dari Presiden RI

Solo - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman kembali mengukir tinta untuk Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, dimana Gubernur Erzaldi berhasil masuk kategori salah satu pimpinan yang peduli terhadap hak asasi manusia (HAM).

Penghargaan peduli Hak Asas Manusia (HAM) diserahkan langsung oleh Presiden Jokowi secara simbolis. Plakat penghargaan ini diberikan bertepatan dengan peringatan Hari Hak Asasi Manusia se-dunia ke-69 yg diperingati di The Sunan Hotel Solo, Minggu (10/12/2017).

Presiden Joko Widodo dalam sambutannya menyampaikan bahwa HAM adalah bagian dari hak sosial warga negara. Pemenuhan hak asasi manusia juga simbol berlangdung demokrasi negara secara sehat.

"Selain hak-hak sipil dan hak-hak politik, kita juga harus menjamin hak-hak sosial, hak-hak ekonomi, dan kultural yang akan mempengaruhi hak politik warga negara,” jelas Presiden Jokowi saat memberikan sambutannya.

Presiden Jokowi juga mengapresiasi Gubernur Bangka Belitung dan pimpinan daerah yang berkontribusi nyata dan peduli terhadap penegakan prinsip-prinsip HAM di Indoensia. "Terima kasih pada komnas HAM, dan komnas-komnas lain dan rekan-rekan akitivis HAM yang tiada hentinya memperjuangkan rasa keadilan masyarakat,” papar Presiden Jokowi.

Sementara, Gubernur Erzaldi mengatakan penghargaan ini merupakan tanda stabilnya kondisi Bangka Belitung. Ini juga pelengkap penghargaan sebelumnya.

"Peringatan Hak Asasi Manusia (HAM) Sedunia ke-69 di Solo hari ini membawa berkah bagi Bangka Belitung. Dalam acara yang bertajuk kerja bersama peduli hak asasi manusia, kita mendapatkan penghargaan kategori pembina kabupaten dan kota peduli HAM. Penghargaan dibidang HAM ini tentunya melengkapi penghargaan lainnya yang sudah kita terima," ungkap Gubernur Erzaldi.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berhasil meraih penghargaan dari Kemendagri tentang Indeks Demokrasi Indonesia (IDI) tertinggi kedua se-Indonesia. Kemudian, penghargaan dari Kementerian Tenaga Kerja untuk kategori Produktivitas Toko Madu Pelawan Bangka Belitung, Penghargaan dari Kementerian Dalam Negeri untuk kategori Satpol PP Penjaga Serumpun Negeri dan Halal Award dari Lembaga MUI.

Gubernur Erzaldi menegaskan siap mengerahkan tenaga, mengukir sejarah baru untuk Babel yang lebih sejahtera dengan sejumlah terobosan-terobosan yang berpihak kepada masyarakat Babel. "Kami siap untuk terus berinovasi agar Bangka Belitung dipandang di kancah nasional," tutup Gubernur.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Bambang Ari Satria