Pekan Tilawatil Quran Jadi Ajang Mencintai dan Memahami Alquran

Sungailiat - Dalam menyemarakkan dan memeriahkan bulan suci Ramadhan 1439 Hijriah, Lembaga Penyiaran Publik (LPP) Radio Republik Indonesia (RRI) Sungailiat Kabupaten Bangka menyelenggarakan Pekan Tilawatil Quran (PTQ), yang berlangsung selama dua hari mulai dari tanggal 17-18 Mei 2018 di Ruang Serba Guna LPP RRI Sungailiat. 

Hadir dalam pembukaan PTQ RRI tersebut adalah Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Sekretariat Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Haryoso. Menurut Haryoso, kegiatan Pekan Tilawatil Quran LPP RRI Sungailiat ini diselenggarakan dalam rangka menyalurkan minat masyarakat Bangka Belitung dalam membaca dan menghayati ayat suci Alquran, serta pembinaan mental umat muslim dalam memahami Alquran dalam kehidupan beragama sehari-hari.

"Saya berterima kasih kepada LPP RRI Sungailiat karena telah menyelenggarakan acara positif seperti ini. Semoga terus dilakukan dan ditingkatkan lagi, " kata Haryoso saat membuka acara Pekan Tilawatil Quran (PTQ) LPP RRI Sungailiat di Ruang Serba Guna LPP RRI Sungailiat, Kabupaten Bangka, Kamis (17/5/2018).

Haryoso menghimbau kepada para peserta PTQ LPP RRI Sungailiat agar dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik. Ia berpesan, jika nanti terpilih menjadi yang terbaik dapat ditingkatkan dan dibina lagi untuk mewakili Bangka Belitung di tingkat nasional yang akan diselenggarakan di Kabupaten Sumenep, Provinsi Jawa Timur pada tanggal 26-31 Mei 2018.

Haryoso juga berharap Bangka Belitung dapat menjadi tuan rumah pelaksanaan Pekan Tilawatil Quran (PTQ) tingkat nasional tahun 2019. Haryoso meyakini bahwa Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan siap membantu dan mendukung pelaksanaan PTQ tingkat nasional.

"Saya berharap Bangka Belitung dapat menjadi tuan rumah pelaksanaan Pekan Tilawatil Quran (PTQ) tingkat nasional tahun 2019. Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan siap membantu dan mendukung pelaksanaan PTQ tingkat nasional di tahun-tahun mendatang, " ungkapnya.

Haryoso juga mengajak seluruh umat Islam khususnya di Bangka Belitung untuk menjalankan bulan suci Ramadhan 1439 Hijriah dengan penuh rasa syukur serta dapat menjaga kedamaian dan kerukunan umat.

Hal senada dikatakan oleh Kepala LPP RRI Sungailiat Haryanto bahwa Pekan Tilawatil Quran (PTQ) LPP RRI Sungailiat ini dilaksanakan dalam menyemarakkan bulan suci Ramadhan 1439 Hijriah. Menurut Haryanto, kegiatan PTQ ini adalah bentuk semangat LPP RRI dalam menyiarkan islam di bulan Ramadhan. 

"Dengan kegiatan ini kita berharap dapat membaca serta mengamalkan ayat-ayat  Alquran di kehidupan sehari-hari. Mudah-mudahan kegiatan ini tidak hanya diselenggarakan bulan Ramadhan saja, akan tetapi juga dapat dilakukan diluar bulan suci Ramadhan," ujar Haryanto.

Melalui lantunan ayat suci Alquran ini, Haryanto berharap para peserta dapat menyampaikan isi dan pesan-pesan dari ayat Alquran kepada seluruh masyarakat Bangka Belitung.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Suci Lestari
Fotografer: 
Suci Lestari