Pelantikan dan Momen Pisah Sambut Bupati Bangka Tengah

KOBA, BANGKA TENGAH – Kamis siang ini (27/07/2017), merupakan momen kebahagiaan dimana pada hari tersebut diadakan syukuran atas pelantikan gubernur Bangka Belitung Erzaldi Rosman dan juga Bupati Bangka Tengah Ibnu Saleh. Acara syukuran dan pelantikan tersebut diselenggarakan di gedung serba guna kantor Bupati Bangka Tengah.

Bupati Bangka Tengah yang baru, Ibnu Saleh mengatakan bahwa acara syukuran ini untuk sekaligus acara pisah sambut Gubernur Erzaldi, mengingat Erzaldi merupakan Bupati Bangka Tengah sebelumnya.

Dalam kesempatan itu, Bupati Bangka Tengah Ibnu Saleh membuka acara dnegan menyampaikan sambutannya. Di awal sambutannya Ia mengucapkan banyak terimakasih kepada Gubernur atas hubungan baik yang telah dibina selama belasan tahun mulai saat Ia menjabat sebagai Kepala Dinas, kemudian Sekda, dan juga diajak menjadi Wakil Bupati.

“Kami bergaul sudah dua belas tahun hingga hari ini. Berawal beliau adalah wakil Bupati, dan saya hanya menjabat sebagai Kepala Dinas saat itu. Kemudian saya menjadi Sekda, dan hingga akhirnya beliau mengajak saya untuk menjadi Wakil Bupati,” kenang Ibnu Saleh.

“Kami banyak belajar dan menimba ilmu dari beliau. Pak Erzaldi ini merupakan pemimpin yang brilian, pemimpin yang jauh berpikir kedepan. Oleh karena itu beliau wajar untuk memimpin porvinsi Bangka Belitung ini,” tambahnya.

Selanjutnya Ibnu Saleh pun menyampaikan. Bahwa dalam membangun Bangka Tengah, Ia akan tetap berpedoman dengan RPJMD Bangka Tengah 2016-2021 yang mensejahterakan masyarakat berlandaskan iman taqwa, ilmu pengetahuan teknologi, yang berdasarkan ekonomi kerakyatan, berwawasan lingkungan yang berkelanjutan.

“Kami akan membangun bangka tengah di berbagai sektor dengan potensi lokal, yaitu pertanian, perkebunan, peternakan, pariwisata, UMKM, dan pertambangan, sesuai dengan potensi yang ada,” terangnya.

Dimana Ia menyebutkan beberapa hal yang menjadi fokus sektor unggulan di Kabupaten Bateng. Seperti, di sektor perkebunan akan difokuskan kepada tanaman lada dengan peningkatan produksi lada. Selain itu Ia pun juga akan fokus kepada tanaman bawang merah dimana produktivitas ini cukup menjanjikan. “Rabu kemarin kami panen bawang merah 11,3 ton perhektar dengan keuntungan perhektar mencapai 250 juta rupiah,” ujar Ibnu.

Pada sektor perikanan Ia mengungkapkan akan terus mengembangkan budidaya air tawar dan air laut. “Saat ini Bateng adalah kabupaten terbesar untuk ikan air tawar di provinsi Babel. Dan kami akan terus mengembangkan budidaya udang galah dan udang satang, yang saat ini budi daya udang galah adalah satu-satunya di Provinsi Babel, yaitu di kelurahan Sungai Selan,” ungkap Ibnu.

Dalam kesempatan yang sama, Gubernur Erzaldi juga menyampaikan sambutannya. Ia mengatakan bahwa setiap orang ketika diberikan kepercayaan untuk memimpin, artinya terdapat suatu kualitas tertentu yang membuat orang tersebut yakin kepada orang yang dipilihnya dapat menjadi pemimpin.

“Yang sebelumnya saya terpilih sebagai Bupati dan Pak Ibnu sebagai Wakil Bupati, sekarang saya terpilih menjadi Gubernur dan sesuai konsekuensi undang-undang maka pak Ibnu terpilih menjadi Bupati,” jelas Erzaldi. Dan hal ini membuat Gubernur dan Bupati Bateng ini Siap untuk melaksanakan amanah.

Erzaldi pun berpesan kepada Ibnu agar Bateng bisa menjadi lebih baik dari pada sebelumnya. "Kepada pak Ibnu, jalankan tugas dengan baik dan benar, rangkullah semua orang. saya harap Bateng setelah saya tinggalkan dapat menjadi semakin lebih baik," pesan erzaldi kepada ibnu saleh.

Selanjutnya Erzaldi turut menyampaikan kepada para kepala desa, bahwa anggaran untuk kedepannya akan sangat banyak di desa, dan provinsi pun akan menambah untuk anggaran tersebut. “Untuk satu desa akan menerima uang paling sedikit 1,5 miliar. Anggaran Dana Desa tersebut harus dapat dioptimalkan dengan baik. Karena itu kinerja, efektifitas, produktifitas dari hari ke hari harus naik,” tegas Erzaldi.

Ia pun menyinggung mengenai inovasi dari seorang pemimpin, karena dengan inovasi maka daerah tersebut akan maju.

Erzaldi berujar bahwa pariwisata di Babel ini harus dimajukan. “Ciptakan terus destinasi-destinasi wisata. Promosikanlah dengan baik. Jangan lupa manfaatkan momen,” ajak Erzaldi kepada para tamu yang hadir di ruangan tersebut.

Diakhir sambutannya, Erzaldi mengucapkan selamat kepada Ibnu. “Semoga kerja sama ini dapat terus terjalin dengan baik.” Tutupnya. (K5)

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
khalimo
Fotografer: 
Khalimo