Pelatihan Protokoler, MC dan LO Dalam Rangka Persiapan Pertemuan IMT-GT tahun 2017

PANGKALPINANG - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung yang diwakili oleh Plh. Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, K.A. Tajuddin hari ini kamis (30/08/2017) di ruang pertemuan kantor Gubernur, membuka kegiatan persiapan pelaksanaan IMT-GT tahun 2017 dan kegiatan internasional di Bangka Belitung yang diselenggarakan melalui pelatihan protokoler, MC dan LO yang mengangkat tema “Menjadi Protokoler Profesional Yang Mampu Menjaga Citra Positif Pemerintah Di Dunia Internasional", yang diselenggarakan oleh Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bekerja sama dengan Kementerian Luar Negeri RI.

Dalam sambutannya mewakili Gubenur Kepulauan Bangka Belitung, Tajuddin menyampaikan apresiasinya atas dipilihnya Bangka Belitung sebagai tuan rumah untuk pertemuan kenegaraan, dimana melalui penyelenggaran pertemuan ini dipandang sebagai sarana untuk mempromosikan daerah ke tingkat global.

“Jadi saya kira ini pertemuan IMT-GT ini adalah media untuk mengangkat Bangka Belitung ke dunia global “, ungkap Tajuddin.

Tajuddin juga menjelaskan bahwa untuk menyukseskan penyelenggaraan acara dibutuhkan adanya persiapan khususnya terkait keprotokolan secara internasional bagi ASN di daerah yang akan dilibatkan dalam pertemuan IMT-GT.

“Pelatihan ini juga untuk mempersiapkan SDM kita agar mereka memiliki penguasaan keprotokolan secara internasional, karena untuk melayani tamu dari luar negeri memiliki standard tersendiri dan apabila kita tidak mempersiapkan SDM ini dengan sebaik-baiknya nanti akan menimbulkan kesan yang kurang bagus bagi tamu, maka pelatihan ini sebagai persiapan kami pemerintah daerah mempersiapkan sdm kita agar bisa melaksanakan tugasnya sehingga dengan penanganan pelayanan yang baik tentunya kami harapkan kedepannya agar pelaksanaan even-even internasional dapat dilakukan di bangka belitung”, tegas Tajuddin.

Dalam kesempatan tersebut, Tajuddin juga mengungkapkan bahwa pelatihan pelatihan protokoler, MC dan LO tidak saja hanya diperuntukan bagi staf protokol pemerintah provinsi namun juga melibatkan siswa sekolah khususnya pelajar SMU. Tajuddin mengungkapkan dilibatkannya para siswa dalam pelaksanaan pertemuan IMT – GT guna membantu pihak protokoler dalam memberikan pelayanan selama pelaksanaan IMT-GT berlangsung

“ jadi memang SDM yang dilatih tidak saja hanya aparatur sipil saja juga melibatkan masyarakat dalam hal ini komunitas pelajar, mereka yang dilibatkan ini adalah anak-anak yang memiliki kemampuan bahasa asing yang bagus dan ini tentunya untuk membantu tugas para protokoler pemerintah dalam memberikan pelayanan pada saat pelaksanaan IMT-GT nanti”, tegas Tajuddin.

 

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
stevani
Fotografer: 
stevani