Pembentukan Forum CSR Kesejahteraan Sosial Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

 

PANGKALPINANG-Untuk memfasilitasi dan mensinergikan potensi pelaku dunia usaha dan masyarakat dalam upaya penyelenggaraan kesejahteraan sosial,  Dinas Sosial Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melaksanakan Sinkronisasi Program Dunia Usaha di Hotel Cordela (3/7)

Acara yang dibuka oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Pemprov. Kep. Bangka Belitung Haryoso, SH dan dihadiri oleh pelaku usaha dari sektor swasta maupun BUMN yang melaksanakan CSR serta Dinas Sosial 7 Kabupaten Kota mempunyai agenda membentuk Forum CSR Kesejahteraan Sosial di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Forum CSR Kesejahteraan Sosial adalah suatu lembaga yang diinisisasi oleh unsur masyarakat, dunia usaha dan perguruan tinggi dan difasilitasi oleh pemerintah yang bertujuan mengoptimalkan implementasi peran dunia usaha dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial. Dinas Sosial mendukung pembentukan forum ini agar mampu terbangun kemitraan dengan dunia usaha dan masyarakat dalam mendukung keberhasilan penanganan masalah kemiskinan, ketelantaran, kecacatan,keterpencilan, korban bencana.

Dalam sambutannya Haryoso,SH mengatakan bahwa :“Penyelenggaraan kesejahteraan sosial bukan hanya tanggung jawab pemerintah saja, tetapi juga tanggung jawab bersama antara masyarakat dan pelaku usaha. Selain merupakan bagian tak terpisahkan dari peranannya sebagai anggota masyarakat dalam kesejahteraan sosial, tanggung jawab social (CSR) dunia usaha merupakan perwujudan dari investasi sosial badan usaha dalam jangka panjang.”

“CSR dunia usaha tidak hanya di bidang kesejahteraan sosial dalam penanganan penyandang masalah kesejahteraan sosial saja, tetapi juga di bidang pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak program Three Ends. Diharapkan dengan dibentuknya kembali kepengurusan CSR yang telah habis masa baktinya dapat membantu pemerintah dalam menanggulangi permasalahan sosial yang ada di masyarakat” lanjut Haryoso dalam sambutannya.

Acara ini diakhiri dengan pembentukan Forum CSR Kesejahteraan Sosial yang dipandu oleh Adrian pembicara dari PT.Angkasa Pura. Dia juga menyampaikan bahwa latar belakang perlunya Forum CSR Kesejahteraan Sosial adalah adanya permasalahan yang selama ini terjadi yaitu kurangnya koordinasi pelaksanaan program CSR oleh dunia usaha, data dan informasi valid yang terbatas, target dan sasaran dana CSR belum terfokus dan terukur, serta kesadaran untuk melaksanakan CSR yang masih belum kuat dan merata.

“ Selama ini pelaksanaan CSR oleh dunia usaha masih berjalan masing-masing, kami juga kesulitan mendapatkan data dan informasi target sasaran penerima bantuan CSR yang valid. Ke depannya kami harapkan dapat bekerja sama dengan Tenaga Kesejahateraan Sosial Kecamatan (TKSK) sebagai mitra Dinas Sosial di lapangan untuk mendapatkan data dan informasi target sasaran CSR Penyelenggaraan Sosial.” pungkas Adrian.

 

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Denny Kamajaya (Pranata Humas Dinas Sosial)
Fotografer: 
Denny Kamajaya (Pranata Humas Dinas Sosial)
Editor: 
Fitra