Pembukaan STQ Nasional XXII Berlangsung Meriah

Bangka Tengah - Pemukulan beduk oleh menteri agama RI, Suryadharma Ali bersama Plt Gubernur Babel   Rustam Effendi  dan Bupati Bangka Tengah Erzaldi Rosman yang didampingi  oleh hadirnya Gubernur dan para perwakilan Gubernur diseluruh Indonesia menandai dimulainya pelaksanaan pembukaan STQ Nasional XXII di Kota Koba Kabupaten Bangka Tengah.

Dalam ucapan pembukaan tersebut penampilan lukisan pasir yang menceritakan tentang perkembangan Islam di Mekkah  hingga kenusantara dan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pun menjadi sajian awal, ribuan undangan dan warga yang tumpah ruah dilokasi acara pun memberikan aplus ketika  disajikan perkembangan Islam di Bangka Belitung, dan prosesi acara pun  dilanjutkan dengan parade Kafilah yang diikuti oleh 33 Provinsi di Indonesia.

Kedatangan Menag RI yang memang sudah dinantikan oleh masyarakat, disambut langsung oleh Bupati Bangka Tengah H. Rezaldi Rosman, SE, MM dan Plt. Gubernur Babel  H. Rustam effendi, B.Sc. dengan iringan selawat nabi yang dibawakan oleh  Dewi KDI yang diiringi seribu gendang rebana yang dibawakan oleh ibu-ibu majelis ta’lim se-kabupaten Bangka Tengah. Menag RI tiba di Bangka Tengah bersama rombongan sekitar pukul 21.00 WIB yang dilanjutkan dengan acara pembukaan STQN XXII di Kota Koba Kabupaten Bangka Tengah.

Plt Gubernur Bangka Belitung, H. Rustam Effendi, B.Sc dalam sambutan selamat datangnya,  menyampaikan rasa syukur masyarakat Bangka Belitung yang mendapat kesempatan menjadi tuan rumah dalam rangka pagelaran STQN XXII. Ia pun berharap gelaran STQN XXII  bisa digelar dengan sukses sebagai salah satu sarana untuk mencintai Al’qur’an.

Sementara itu,  Menteri Agama RI, H. Suryadharma Ali dalam sambutannya mengharapkan dalam penyelenggaraan STQ Nasional XXII ini dapat berjalan dengan lancar dan sukses sesuai dengan harapan bersama. Menteri Agama pun menyampaikan permohonan maafnya karena tidak bisa hadir  pada pawai Ta’aruf dan malam Ta’aruf.

“saya pun mohon maaf tidak bisa menghadiri pelantikan Dewan Hakim yang dilaksanakankan pada pagi harinya karena acara memang luar biasa padatnya, ulasnya. Sebelum berangkat saya sampaikan kepada Bapak Presiden, Saya akan datang ke Bangka Belitung untuk membuka STQ Nasional XXII ini. Bapak Presiden menyampaikan salam kepada Masyarakat Bangka Belitung, kepada seluruh gubernur yang hadir dan seluruh peserta STQ Nasional XXII, imbuhnya seraya mengucapkan Basmalah sebagai tanda membuka secara resmi STQ Nasional XXII di Kabupaten Bangka Tengah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Menurutnya, kegiatan ini tidak hanya sebatas kemeriahan sesaat saja namun semangat untuk syiar agama benar-benar  bisa menyentuh hingga lapisan masyarakat bawah, saya harap dengan kegiatan seperti ini syiar agama di Bangka Belitung bisa menyentuh lapisan bawah. Sehingga dapat meningkatkan iman dan takwa kepada masyarakat khususnya di Provinsi Kepulauan Bingka Belitung. ( Edv Eff)

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Effendi
Fotografer: 
Stevani
Editor: 
Stevani