Pemda Bisa Gelar Diklat Pranata Humas

Jawa Barat – Pemerintah daerah memiliki otoritas melaksanakan Diklat Wajib Pranata Humas (Pramas). Sebab untuk mengikuti diklat dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) harus mengantre dan menunggu lama. Sementara targetkan Pramas berjumlah 15.000 pegawai dan harus disahkan menjadi fungsional Pramas.

Demikian dikatakan Asep Sukmana Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Jawa Barat, saat rapat kunjungan kerja Pramas Diskominfo Provinsi Bangka Belitung, di ruang rapat Kantor Diskominfo Jawa Barat, Rabu (24/6/2015).

Kemenkominfo diharapkan segera mensosialisasikan pelaksanaan Diklat Wajib Pramas ke seluruh Indonesia. Ia menegaskan, pelaksanaaan Diklat Pramas di Jabar mengacuan Undang-Undang No 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. Sebab Pramas dituntut dapat membantu pelayanan informasi publik.

“Persiapan diklat membutuhkan waktu sekitar enam bulan. Koordinasi dilakukan dengan pihak terkait seperti Bappeda, Biro Organisasi, BKD dan Badan Diklat. Sebelumnya berkoordinasi dan berkonsultasi dengan Kemenkominfo di Jakarta mengenai kurikulum diklat dan widyaiswara," jelasnya.

Setiap SKPD harus memiliki Pramas. Menurutnya, Pramas memiliki peran dan fungsi penting. Saat ini Provinsi Jawa Barat merupakan satu-satunya provinsi yang telah melaksanakan diklat di daerah. Tahun 2013 lalu, sebanyak 35 Pramas sudah diklat di Badan Diklat Provinsi Jawa Barat. Pelaksanaan diklat selama 30 hari menggunakan dana APBD Provinsi Jawa Barat senilai Rp240 juta.

Namun dari 35 Pramas yang telah mengikuti diklat, jelasnya, hingga saat ini belum ada satu orangpun yang sudah dilantik sebagai Pramas. Kendati demikian, Pramas sudah disebar ke setiap SKPD untuk melaksanakan peran dan fungsinya. Peminat jabatan Pramas masih sedikit, karena sulit mengumpulkan angka kredit.

“Selain itu, proses penilaian angka kredit masih di kementerian. Saya berharap agar Kemenkominfo lebih memudahkan Pramas mengumpulkan angka kredit," harapnya.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Suci Lestari | Fajrina Andini
Editor: 
Huzari
Tags: 
Pranata Humas