Pemerintah Kabupaten/Kota Se-Babel sambut 520 Mahasiswa STIS Angkatan Ke-56

PANGKALPINANG – Setelah pembukaan praktik lapangan kerja Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) Angkatan Ke-56 oleh Sekretaris Daerah Yan Megawandi di Ruang Pantai Pasir Padi Kantor Gubernur, Selasa (21/02/2017). Hasil pantauan babelprov.go.id, 520 mahasiswa STIS tersebut pada Rabu (22/02/2017) secara serentak telah diterima dan disambut oleh Pemerintah Kabupaten Kota Se-Bangka Belitung.

Di Pulau Belitung, kedatangan rombongan dosen dan mahasiswa 79 Mahasiswa STIS Jakarta  Angkatan Ke-56 ini disambut hangat Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Belitung, Drs. H. Jasagung Hariyadi, M.Si di Kantor Bupati Belitung. Di Manggar, sebanyak 52 orang mahasiswa STIS disambut langsung oleh Sekda Kabupaten Beltim Evi Nardi.

Di wilayah Pulau Bangka, 111 orang mahasiswa STIS angkatan ke 56 di Kabupaten Bangka diterima oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Bangka Drs. Arman, di Muntok 76 peserta PKL dari STIS Jakarta ini diterima dan dilepas langung secara resmi oleh Drs.H. Parhan Ali, M.M. selaku Bupati Bangka Barat, demikian juga di Kota Pangkalpinang dan Kabupaten Bangka Selatan.

Sebagaimana diketahui sebelumnya, menurut penjelasan Kepala BPS RI Dr.Suharyanto, Provinsi Babel sengaja diambil sebagai objek penelitian, provinsi yang ideal dan pas untuk tujuan survey yang dilakukan mahasiswa STIS, karena Bangka Belitung jumlah kabupaten/kota nya hanya tujuh dan dari sisi indikator makro, Babel memiliki indikator yang lumayan bagus.

Didalam PKL ini ada 3 unsur baru yang akan dilakukan oleh mahasiswa STIS, yang pertama Survey Multi Purpose, yang kedua Small Area Estimation, dan yang ketiga survey akan dilakukan dengan menggunakan CAPI (Computer Assisted Personal Interview).

Metode Multipurpose Survey mampu mempercepat waktu pengolahan, pengumpulan data di lapangan dengan berbasis Computer Assisted Personal Interview (CAPI) yang paperless yakni melalui Gadget dan tidak lagi menggunakan kuesioner.

Metode tersebut ditujukan untuk mengukur kemiskinan dan pemerataan pendapatan melalui tujuh pendekatan, yaitu ketenagakerjaan, kerentanan kemiskinan, distribusi pendapatan dengan pendekatan pendapatan, kemiskinan multi dimensi, kematian dan gizi balita, kemiskinan subjektif dan pendidikan.

“Nanti di Babel akan menjadi satu-satunya provinsi yang mempunyai data tingkat kemiskinan sampai level desa”, jelas Dr.Suharyanto.

Praktik Kerja Lapangan Mahasiswa STIS Angkatan Ke-56 di Provinsi Bangka Belitung ini direncanakan selama dua minggu dari tanggal 20 Februari-3 Maret 2017, dengan topik Multipurpose Survey Dan Small Area Estimation dalam Studi Kemiskinan Dan Pemerataan Pendapatan Di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Noviansyah
Editor: 
Ahmad Fauzan Syahzian