Pemkab Bangka Tengah bersama Nelayan Peringati Hari Jadi Nelayan ke-58

KOBA-- Sebanyak 100 orang nelayan yang tersebar di Kabupaten Bangka Tengah mendatangi Kantor Dinas Perikanan Kabupaten Bangka Tengah, Rabu (04/04/2018). Kedatangan nelayan ini bukan untuk melakukan aksi demontrasi, melainkan untuk memenuhi undangan Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah dalam rangka perayaan Hari Jadi Nelayan ke-58 Tahun 2018 yang jatuh pada tanggal 6 April.

Dalam kesempatan itu dilakukan pembacaan dan penandatanganan ikrar dan komitmen dalam menjaga kelestarian laut dan membangun perikanan di Kabupaten Bangka Tengah oleh Ketua HNSI Bangka Tengah, yang diikuti seluruh nelayan yang hadir.

Bupati Bangka Tengah, Ibnu Saleh menyampaikan apresiasinya dan penghargaan kepada para nelayan yang telah menjaga kelestarian laut dan ikut membangun perikanan khususnya di wilayah laut Bangka Tengah.

Dikatakan Ibnu Saleh, perayaan dan peringatan hari jadi nelayan ke-58 yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah ini merupakan bentuk apresiasi dan penghargaan pemerintah daerah kepada para nelayan.

"Kita kadang lupa kepada para nelayan. Untuk itu pada kesempatan ini kami ingin mengingatkan bahwa sesungguhnya kita harus berterimakasih kepada nelayan karena atas kerja keras mereka, anak-anak kita punya kesempatan untuk makan ikan sehingga mereka menjadi cerdas," kata Bupati.

Sementara itu Endang, perwakilan nelayan yang hadir menyampaikan penghargaannya kepada Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah yang telah memperingati hari jadi nelayan ini. Endang yang juga mantan Kepala Desa Beriga ini mengungkapkan bahwa dirinya mewakili nelayan yang hadir mengapresiasi kinerja pemerintah daerah dan pihak-pihak terkait.

"Alhamdulilah berkat kerja keras Polairud, Satker Pengawas, Dinas Perikanan Kabupaten Bangka Tengah dan Dinas Kelautan dan Perikanan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang telah melakukan tindakan atas keberadaan compreng yang selama ini mengganggu nelayan. Saat ini kegiatan kami aman dan dapat melaut dengan tenang," jelas Endang.

Meski demikian Endang berharap agar Dinas Perikanan Bangka Tengah maupun Dinas Kelautan dan Perikanan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk terus melakukan pembinaan kepada para nelayan.

"Tolong jangan pernah lelah untuk membina kami nelayan ini supaya kami bisa jadi nelayan yang modern dan sejahtera," harap Endang.

Ia juga mengemukakan harapannya pada pemerintah untuk terus menambah sarana prasarana perikanan. "Terutama untuk pembangunan SPBN dan pabrik es yang merupakan kebutuhan sehari-hari untuk nelayan melaut," katanya.

Pada kesempatan tersebut, Dinas Perikanan Kabupaten Bangka Tengah memberikan bantuan kepada para nelayan. Bantuan berupa 2 unit Kapal 5 Gt dari DAK 2017, bantuan premi asuransi nelayan dan bantuan bibit ikan nila pada KUB nelayan yang hadir.

Kegiatan itu juga turut dihadiri undangan lainnya seperti dari Dinas Kelautan dan Perikanan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
mutiah nugraha
Fotografer: 
mutiah nugraha
Editor: 
Mammaqdudah