Pemprov Babel Bahas Penyediaan Aplikasi SAKIP

Pangkalpinang – Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Abdul Fatah bersama Biro organisasi, Bappeda, BPKP, dan Diskominfo mengadakan rapat penyediaan aplikasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) di Ruang atanjung Pesona Kantor Gubernur pada hari jumat (18/5).

Applikasi baru tersebut akan dibangun di pemerintahan provinsi yang bertujuan mengenalkan penyusunan akuntabilitas kinerja dengan mengubah sistem yang sebelumnya masih manual.

“Untuk kedepannya, kita akan membuat menjadi lebih mudah dalam menyusun sistem akuntabilitas kinerja pemerintah,” ujar Wakil Gubernur.

Menurut Wakil Gubernur saat ini Provinsi Kepulauan angka Belitung baru memulainya, dan diharapkan tahun depan sudah mulai masuk dalam tataran yang baik dan benar.

Hal ini merupakan salah satu upaya pemerintah dalam membuat sistem manajemen yang lebih baik dalam penyelenggaraan pemerintahan yang baik (good governance), dengan adanya SAKIP akan menjadikan instansi pemerintah yang akuntabel dan dapat berjalan secara efisien, efektif dan responsif.

Pada saat sekarang Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memperoleh penilaian SAKIP B, dan berupaya bersama-sama menuju SAKIP A. Oleh sebab itu Wakil Gubernur mengatakan applikasi tersebut harus terintegrasi. “Untuk itu dihadirkan beberapa OPD seperti BPKP, Bappeda, Diskominfo, dan Biro Organisasi dan aplikasi-applikasi yang sudah ada saat ini harus terintegrasikan,” kata wagub.

“Para OPD ini lah yang nantinya akan saling berkaitan, dengan aplikasi-aplikasi yang sudah ada saat ini harus terintegrasikan,” lanjutnya.

Pada saat ini tim dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi menyarankan kepada Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk mengadopsi ilmu dari Kabupaten Natuna, dimana applikasi yang digunakan dapat terintegrasikan dengan baik tanpa mengganggu SIMDA, e-planning dan e-budgeting.

“Sekiranya nanti tenaga IT Provinsi Bangka Belitung dapat berkoordinasi dengan tenaga ahli IT Kabupaten Natuna, dan diharapkan aplikasi yang telah tersedia bisa dikoordinir langsung oleh Dinas Kominfo,” pungkas Wakil Gubernur.

 

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Khalimo
Fotografer: 
Khalimo