Pemprov Babel dan RRI Jalin Sinergi Melalui Pelatihan Pranata Humas

SUNGAILIAT-– RRI Sungailiat Bangka Belitung siap membantu pranata humas di lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menjadi reporter radio andal. Untuk mewujudkan hal tersebut, sejumlah pranata humas mengikuti kegiatan pelatihan di RRI pada Selasa (23/1).

Sekda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Yan Megawandi menjelaskan, kegiatan ini untuk menjalin sinergi antara Pemprov Babel dengan RRI. Selain itu untuk menjalin sinergi dengan media massa di Bangka Belitung. RRI punya kiprah yang patut ditiru oleh pranata humas di pemprov.

Untuk itu Yan berpesan kegiatan ini harus dimanfaatkan secara optimal. Ia menambahkan, jika sudah sinergi selanjutnya banyak hal dapat dilakukan. Pelatihan ini bisa dilanjutkan di kemudian hari untuk terus meningkatkan kapasitas sebagai reporter.

"Optimalkan acara ini untuk menggali pengetahuan mengenai pengelolaan radio. Sehingga bisa membandingkan ketika mengelola kegiatan di In Radio. Tujuannya dapat memberikan manfaat bagi orang lain," kata Yan saat membuka kegiatan pelatihan.

Sementara Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Babel Sudarman mengatakan, pelatihan ini untuk menutupi kelemahan, caranya dengan terus belajar. Pemberitaan media massa yang kurang baik, seharusnya dapat diimbangi berita bernada positif. Hal ini untuk memberikan informasi dari sudut berbeda kepada masyarakat.

"Ini gunanya ada pranata humas di setiap OPD. Setiap pranata humas harus mengirimkan berita. Berita itu harus membangun sehingga tidak menimbulkan masalah lagi," papar Sudarman.

Tujuan ke RRI, kata Sudarman, untuk bertukar informasi karena RRI mempunyai jaringan luas serta sudah dikenal masyarakat. Saat ini perlu dimulai menjalin komunikasi yang erat dengan pihak RRI.

"Dengan bantuan pelatihan singkat ini, diharapkan dapat meningkatkan kapasitas pranata humas. Kemampuan pranata humas hendaknya dapat diperbaiki setelah mengikuti pelatihan ini," harapnya.

Aep Karman Kepala Stasiun LPP RRI Sungailiat Bangka Belitung menjelaskan, gagasan mengenai pelatihan ini sangat baik. Saat ini RRI memiliki tiga reporter untuk mengekspresikan kegiatan di Bangka Belitung. Namun dengan adanya kerja sama ini diharapkan dapat membantu RRI mengekspresikan semua informasi di Bangka Belitung.

Pemberitaan di RRI harus dapat menjaga stabilitas daerah dan negara. Ia mengharapkan, melalui reporter di lapangan dapat mewujudkan hal tersebut dan dengan menjalani pelatihan ini menghasilkan reporter andal.

Selain pemberitaan pemerintah, juga bisa mengirimkan berita dari masyarakat. Menyinggung mengenai jangkauan siaran RRI sudah hampir se- Babel. Sedangkan sasaran khalayak telah menyentuh hampir semua lapisan masyarakat, baik kalangan muda maupun kalangan tua.

Pengembangan Informasi terus dilakukan RRI, salah satunya dengan menyajikan informasi seputar budaya. Hal ini untuk mengenalkan budaya daerah kepada generasi muda. Pasalnya masih ada remaja tidak mengenal lagu-lagu daerah pembangkit semangat.

"Agar berita bisa disiarkan di RRI, hendaknya harus masuk kriteria yang telah ditetapkan RRI. Berita masuk akan dibuatkan daftar, sehingga diketahui siapa saja yang rajin membuat berita," paparnya.

Sebelumnya Menanggapi rencana adanya kerja sama antara RRI Sungailiat Babel dengan Pemprov Babel, Aep Karman Djajasasmi, menyambut baik rencana kerjasama tersebut.

“Kami menyambut baik rencana kerjasama dengan pranata humas di lingkup Pemprov Babel khususnya dalam pengiriman berita ke RRI. Berita-berita yang terkirim nantinya akan kami seleksi menyesuikan dengan kaidah jurnalistik radio siaran, baik dalam kesesuaian kaidah bahasa, konten, dan keamanan serta visi LPP RRI secara nasional yakni terwujudnya RRI sebagai lembaga penyiaran publik yang terpercaya dan mendunia, “ jelasnya melalui pesan elektronik.

Lebih jauh Aep berharap dengan rencana kerjasama ini bisa meningkatkan pelayanan publik antara Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dengan RRI Sungailiat Babel.

“ Saya juga berharap dengan kerjasama ini diharapkan bisa mendukung tingkat layanan publik kedua belah pihak, sehingga masyarakat bisa menyerap informasi dan berita yang bersumber dari OPD di lingkungan Pemprov Babel secara cepat dan terpercaya. Efek yang penyebarluasan informasi dan berita itu diharapkan tidak saja menambah pengetahuan, tetapi juga perubahan sikap dan perilaku dari masyarakat atau pendengar RRI yang tersebar di Bangka dan Belitung,” harapnya.

 

 

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Huzari dan Fajrina Andini
Fotografer: 
Humas dan Kominfo Babel
Editor: 
Irwanto