Pemprov Babel Dukung Penuh TVRI Babel Menjadi Stasiun TV Full Digital

BANGKA TENGAH -  Peringatan Hari Ulang Tahun ke-3 Televisi Republik Indonesia (TVRI) Bangka Belitung Tahun 2017 digelar dengan beberapa kegiatan. Salah satunya live program acara 'Yuk Ngopi Luk' dengan tema diskusi 'Babel Goes To Digital'.

Kegiatan tesebut dilaksanakan di Pantai Pan Semujur, Kawasan Wisata Tanjung Gunung Bangka Tengah, Minggu, 26 November 2017 dengan tema bagaimana Negeri Serumpun Sebalai lebih maju dan berdaya saing dengan pemanfaatan dunia digital.

'Yuk Ngopi Luk' berjalan hangat dan informatif. Pembahasan tentang kesiapan pemerintah di era digital yang dikemas dengan santai namun tetap berisi. Untuk menjawab tantangan di era digital inilah secara spesifik TVRI menghadirkan narasumber yang berkompeten diantaranya Bupati Bangka Tengah, Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Kepala Balai Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informatika , Budayawan serta Direktur teknis TVRI.

TVRI sendiri memiliki semangat untuk membantu Pemerintah untuk mewujudkan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sebagai provinsi pertama yang melakukan siaran digital."Agar terfasilitasi, kami mengundang pihak-pihak terkait ini sebab pihak-pihak ini adalah pengambil kebijakan." Ungkap Sriwidayat saat ditemui usai kegiatan.

Dalam dialog tersebut, Kepala Balai Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informatika meyakini bahwa TVRI adalah Lembaga Penyiaran dengan sistem penyiaran digital. "Saya yakini bahwa TVRI yang paling maju diantara televisi lainnya di Indonesia," ungkapnya. 
Hal ini dikarenakan TVRI telah memiliki lebih dari 40 pemancar dengan siaran full digital, bahkan lebih dari 100 lokasi dengan perangkat digital.

Pada kesempatan yang sama disampaikan oleh Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Yan Megawandi bahwa Gubernur dan Wakil Gubernur Babel sangat mendukung terhadap konten digitalisasi dan IT. "Bahkan telah ada master plan untuk percepatan ini karena nantinya semua akan dikembangkan berbasis IT," ungkap Sekda Babel.

Sekda Babel mengungkapkan kata kunci dalam menghadapi era globalisasi adalah inovasi dan teknologi , dan salah satu kenyataannya bahwa siaran televisi telah memasukai era digital. Selanjutnya Sekda Babel berharap agar TVRI Babel dapat menjadi Pilot Project Stasiun TVRI digital secara penuh. Dan salah satu komitmen Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung adalah menyediakan lahan untuk dibangunnya gedung TVRI. 

"Kami akan sangat mendukung terlaksananya TVRI Babel menjadi stasiun televisi digital secara penuh," tegas Sekda Babel.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
nonadp
Fotografer: 
nonadp