Pemprov Babel Evaluasi Pelaksanaan MXGP 2017 Sebagai Persiapan MXGP Of Indonesia 2018

PANGKALPINANG - Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memimpin Rapat Persiapan Penyelenggaraan Event MXGP of Indonesia 2018, Rabu (03/01/2018) di Ruang Romodong Kantor Gubernur Kepulauan Bangka Belitung. Beberapa pihak hadir dalam rapat ini, diantaranya Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sebagai Koordinator penyelenggaraan MXGP 2018, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Ketua Pengurus Provinsi Ikatan Motor Indonesia (IMI) Babel hingga Biro Humas dan Protokol serta Dinas Komunikasi dan Informatika Babel.

Secara history MXGP 2018 akan dilaksanakan di Sumatera Selatan. Akan tetapi terkait penugasan lain untuk Sumsel yaitu agar fokus kepada persiapan Asian Games, Gubernur Babel mengembalikan lagi penyelenggaraan MXGP di Babel dan telah disepakati untuk ketiga seri MXGP akan terus diadakan di indonesia mulai 2017, sedangkan penyelenggaraan MXGP di Bangka Belitung akan dlselenggarakan hingga 2019.

Dalam pertemuan tersebut, Sekda Babel lebih menekankan pada evaluasi atas pelaksanaan MXGP 2017 yang juga dilaksanakan di Babel, tepatnya di Kota Pangkalpinang pada minggu pertama Maret 2017 lalu. ” Kita akan melihat satu persatu mulai dari apa persiapan, pelaksanaan dan evaluasi kegiatannya, tetapi rapat pertama ini lebih terfocus pada evaluasi tentang apa kekurangan yang ada dalam penyelenggaraan MXGP 2017 agar tidak terulang pada penyelenggaran MXGP 2018.” Ungkap Yan Megawandi. 

Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Kepulauan  Bangka Belitung, Suharto dalam evaluasi MXGP 2017, menyampaikan beberapa hal, seperti pendanaan, surat rekomendasi dari 3 (tiga) Kementerian (Kemenkepora, Kemendagri dan Kemenpar), kesiapan venue, ketersediaan air, kecukupan listrik, kekuatan jaringan internet hingga permasalahan Tiketing. Menurutnya, beberapa hal ini telah berjalan persiapannya, seperti koordinasi denga PDAM untuk kebutuhan air, Kooordinasi dengan PLN untuk kebutuhan Listrik dan sebagainya.

“Rekomendasi dari Kemenkepora juga sudah dikantongi, menyusul dua Kementerian lainnya agar persiapan MXGP lebih matang dibanding tahun 2017," jelas Suharto.

Ketua Pengurus Provinsi Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bangka Belitung juga menyampaikan evaluasi atas venue yang sama dengan venue penyelenggaraan MXGP 2017 lalu, tentang beberapa titik rawan kecelakaan akibat kondisi lintasan yang buruk dan cuaca hujan serta solusi-solusinya untuk pelaksanaan MXGP 2018. Selain itu disampaikan juga harapannya terhadap Pemerintah Daerah untuk melibatkan IMI secara kelembagaan. “Promosi yang lebih gencar juga harus dilakukan, salah satunya IMI akan melakukan touring Sumatera yaitu dari Aceh hingga Lampung untuk promosi,” ungkapnya.

“Kami siap membantu terlaksananya MXGP 2018 bersama-sama dengan SDM Lokal Babel.” Tambah Adi, salah seorang Anggota IMI Babel yang hadir dalam rapat ini. 

A. Rifai, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dalam evaluasinya mengatakan perlu dilakukan promosi yang lebih banyak, tidak hanya perhotelan dan objek wisata mendapatkan efek dari penyelenggaraan ini, tetapi juga masyarakat UKM dan pendatang dengan tujuan MXGP dapat merasakan kentalnya kebudayaan babel. “penonton MXGP 2017 sebagian besar berasal dari Babel sendiri, 2018 ini harus ditingkatkan penonton dari luar Babel.” Harapnya.

Sekda babel sendiri memberikan beberapa catatan khusus dalam evaluasi ini, diantaranya pengamanan, kesehatan hingga kepastian peralatan pembalap tiba di Pangkalpinang tepat waktu. Walaupun menurutnya beberapa evaluasi yang disampaikan ini tidak mengalami permasalahan besar dalam pelaksanaan MXGP 2017 lalu. 

“Rapat ini merupakan langkah awal dan bersama-sama kita untuk mempersiapkan event besar ini. Harus jauh lebih hebat, lebih sempurna dan bermafaat dari pada tahun sebelumnya.” Harapnya.

Dalam rapat ini Sekda babel juga mengatakan event ini sudah masuk kalender event MXGP 2018 yang akan berlangsung 30 Juni  hingga 1 Juli 2018 di Pangkalpinang Babel  yaitu MXGP of Indonesia dan dilanjutkan 5-6 Juli 2018 di Semarang Jawa Tengah yaitu MXGP ASEAN.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Nonadp
Fotografer: 
Nonadp