Pemprov Babel Galang Dana Bantu Korban Bencana Palu dan Donggala

“Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengucapkan belasungkawa atas musibah bencana tsunami yang menimpa saudara kita yang ada di Palu dan Donggala. Semoga para korban diberikan ketabahan dan kesabaran atas musibah ini.”  

PANGKALPINANG--Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melakukan penggalangan dana kemanusiaan untuk membantu korban bencana tsunami di Palu dan Donggala, Provinsi Sulawesi Tengah. Penggalangan dana itu dilakukan usai pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Senin, 1 Oktober 2018 di Halaman Kantor Gubernur, Air Itam.

Dana yang terkumpul berjumlah Rp 40.587.700 ini akan disalurkan langsung dan diharapkan dapat meringankan beban bagi para korban yang tertimpa musibah.

Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Abdul Fatah, mengungkapkan, Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung turut prihatin atas musibah bencana gempa bumi dan tsunami yang terjadi di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah.

“Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengucapkan belasungkawa atas musibah bencana tsunami yang menimpa saudara kita yang ada di Palu dan Donggala. Semoga para korban diberikan ketabahan dan kesabaran atas musibah ini,” kata Abdul Fatah.

Wagub menambahkan, untuk membantu para korban yang terkena musibah, Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melakukan penggalangan dana dari Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

“Semoga dana yang kita berikan bisa meringankan beban para korban. Dan melalui kesempatan ini saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh ASN yang telah berpartisipasi dalam penggalangan dana ini,” ujarnya.

Disaat yang sama Dinas Sosial, BPBD dan Dinas kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung juga mempersiapkan relawan kemanusiaan untuk membantu penanggulangan bencana gempa bumi dan tsunami di Palu dan Donggala. Pada hari ini (Senin, 1/10/2018) ada 19 relawan yang diberangkatkan untuk membantu para korban.

“Fokus kita saat ini evakuasi korban, pendirian dapur umum, dan psiko sosial. Relawan BPBD yang berfokus pada penanganan evakuasi, sementara Dinas Kesehatan berfokus pada penanganan medis dan penyediaan obat-obatan. Jumlah relawan dari tiga elemen yang akan deberangkatkan ke Sulawesi Tengah  sebanyak 19 orang yang rencananya akan bertolak har ini pukul 15:00 WIB,” kata Mikron Antariksa, Kepala BPDB Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Sementara itu Kepala Dinas Sosial Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Aziz Harahap, mengungkapkan Dinas Sosial akan membuka posko bantuan untuk membantu bencana di Palu dan Dongala.

“Bagi masyarakat bagi yang mau menyumbang, diutamakan barang berupa selimut, perlengkapan bayi, obat-obatan dapat mendatangani Posko Bencana Dinas Sosial,” katanya.

 

 

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Denny Kamajaya
Fotografer: 
denny kamajaya
Editor: 
Mamaq