Pemprov Babel Harap ABEC Dukung Program Unggulan Babel

PANGKALPINANG, Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung menyelenggarakan Applied Business and Engineering Conference (ABEC). ABEC 2017 ini merupakan ABEC kelima yang penyelenggaraannya di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, bertempat di Hotel Santika, Rabu (18/09/2017).

Polman Babel sebagai tuan rumah menyelenggarakan Seminar yang bertema “Inovasi Teknologi dan Strategi Bisnis Untuk Mendukung Pertumbuhan Ekonomi Bangsa” bekerjasama dengan Politeknik Negeri Batam, Politeknik Caltex Riau dan Politeknik Negeri Bengkalis. Tujuan seminar ini adalah sebagai sarana publikasi dan silahturahmi antar insan peneliti, akademisi, praktisi dan masyarakat umum tentunya untuk menambah pengetahuan dalam bidang engineering dan bisnis terapan.

Keynote Speakers dalam Seminar ini yaitu DR. Erzaldi Rosman, S.E., M.M (Gubernur Kepulauan Bangka Belitung) yang diwakili oleh Kepala Biro Ekonomi Setda Prov. kep. Babel, Dr. Drs. Sudarman, M.Si, Prof. Dr. Erry Yulian T. Adesta, IPM, Ceng, MIMechE (Chair of Agile and Sustainable Manufacturing Research Unit), Tatit Jatmiko (Direktur Utama PT. Arkha Jayanti Persada).

Dalam paparannya, Sudarman menyampaikan beberapa sektor unggulan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, diantaranya sektor pertanian, kelautan dan perikanan, pariwisata, perindustrian, dan pertambangan. Untuk mendukung riset di Babel, Sudarman menyatakan pemerintah memegang peranan penting untuk memberikan stimulus agar ada peningkatan daya saing Provinsi Kepulauan Bangka Belitung hingga ke tingkat nasional berkaitan dengan program-program unggulan ini.

Selain itu Sudarman juga mengatakan Gubernur sangat mendukung penuh atas lahirnya ilmu-ilmu di Babel yang dapat mendukung dan mewujudkan program-program pemerintah. Dan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung selalu mendukung terhadap pengembangan sektor unggulan daerah, mulai dari segi finansial hingga dukungan sumber daya manusia.

Dikatakan lebih lanjut oleh Sudarman, saat ini Bangka Belitung sedang dalam proses pembentukan Dewan Riset Provinsi dan diharapkan Dewan Riset Provinsi dapat bekerjasama dengan ABEC. “Gubernur Kepulauan Bangka Belitung sangat mendorong pelaksanaan riset yang berkaitan dengan pengembangan Provinsi Babel. Diharapkan kerjasama tersebut dapat terwujud, tidak hanya dalam skala nasional tetapi juga kerjasama riset dalam skala internasional dengan negara-negara tetangga,” ungkap Sudarman.

Sudarman juga memberikan pandangan lain bahwa dengan penerapan UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah telah memberikan kewenangan penuh bagi daerah untuk mengembangkan potensinya, bahkan dalam waktu dekat Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan melahirkan Peraturan Daerah tentang Zonasi. “Kita berharap penelitian terkait masalah pertanian lada yaitu penyakit pangkal pohon yang kuning dan layu dapat memberikan hasil konkrit untuk mengembalikan kejayaan lada Bangka Belitung,” ungkap Sudarman.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
nonadp
Fotografer: 
nonadp