Pemprov Babel Jalin Kerjasama Dengan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya

SURABAYA - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman melakukan kunjungan kerja ke Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) dalam rangka menjalin kerjasama pembangunan pada Senin (02/07/2018) bertempat di Rektorat ITS Surabaya, Provinsi Jawa Timur.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur didampingi beberapa Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung seperti Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral, Kepala Biro Hukum Setda, Kepala Biro Humas dan Protokol Setda, Kepala Biro Perekonomian Setda, serta perwakilan dari Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan, Badan Keuangan Daerah, Dinas Kelautan dan Perikanan, Dinas Lingkungan Hidup, dan Dinas Perhubungan.

Gubernur menyatakan bahwa Bangka Belitung terus berupaya untuk mempercepat pembangunan di seluruh aspek. Maka kerjasama bidang pendidikan, penelitian dan pengembangan sumber daya manusia dan sumber daya alam menjadi point penting kerjasama dengan ITS. "Oleh karena itu penandantangan Memorandum of Understanding (MoU) antara Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dengan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) menjadi pintu masuk untuk mempercepat pembangunan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung," ujar Gubernur.

Dalam penandatangan MoU dengan Rektor Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Joni Hermana, kedua belah pihak sepakat untuk melaksanakan kerjasama di bidang sumber daya manusia, lingkungan hidup, perhubungan, energi dan sumber daya mineral, kelautan dan perikanan, pariwisata, sistem dan teknologi informasi, dan pengembangan wilayah. 

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Sudarman yang juga menghadiri kegiatan tersebut menyatakan bahwa ada 7 (tujuh) tim teknis kerjasama antara Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan ITS. "Tujuan dibentuknya tim teknis tersebut supaya bentuk kerjasama yang telah ditandantangani dapat berhasil secara optimal. Selain dibentuknya tim teknis, Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sepakat untuk menyekolahkan 2 (dua) orang pelajar terbaik untuk disekolahkan ke ITS," jelas Sudarman.

Dilanjutkan Sudarman bahwa tim teknis tersebut adalah  Kelompok Bidang Sampah dan Tempat Pengelolaan Akhir (TPA), Kelompok Bidang Kapal Listrik dan Pabrik Kapal Bambu, Kelompok Bidang Motor dan Mobil Listrik, Kelompok Bidang Mineral Tambang dan Mineral Ikutan. "Kemudian ada Kelompok Bidang Sistem Informasi, Penganggaran, dan Program Kerja, Kelompok BidangTransportasi Darat dan Transportasi Laut, serta Kelompok Bidang Administrasi," jelas Sudarman.

Sudarman juga mengatakan kelompok teknis ini akan langsung memantapkan serta menyusun program strategis. "Penyusunan kelompok tim teknis itu juga dalam rangka capaian kinerja yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) serta mempertimbangkan situasi terkini di Bangka Belitung," jelas Sudarman.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Ahmad Fauzan Syahzian