Pemprov Babel Perkuat Penggunaan Aplikasi Guna Tingkatkan Pelayanan Publik

PANGKALPINANG----Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dalam waktu dekat akan segera menggunakan aplikasi SiCantik untuk mempermudah masyarakat dalam mendapatkan informasi mengenai perizinan serta informasi-informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat luas sehubungan pelayanan publik.

Hal ini disampaikan oleh Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Yan Megawandi saat menghadiri rapat koordinasi bersama tim Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk kegiatan pendampingan rencana aksi dalam memberikan transparansi ke masyarakat serta menghindari tindak pidana korupsi, bertempat di Ruang Romodong Kantor Gubernur Kepulauan Bangka Belitung pada Jumat (23/02).

Sekda Bangka Belitung menyampaikan bahwa dalam waktu dekat, apliasi SiCantik akan menjadi salah satu rencana aksi Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dalam memberikan informasi di bidang perizinan secara cepat dan transparan.

"SiCantik ini akan segera direalisasikan agar pelayanan perizinan lebih mudah didapat oleh masyarakat menggunakan kecanggihan tekhnologi informasi," ujarnya.

Selain aplikasi SiCantik, Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung juga akan mengeluarkan aplikasi dalam bidang budgeting, monitoring serta perencanaan agar semua pelayanan di Bangka Belitung bisa lebih baik dengan menggunakan aplikasi online dan lebih mudah diakses.

"Ke depan kita masih membahas penggunaan aplikasi yang lainnya juga seperti aplikasi untuk budgeting, perencanaan, serta monitoring dan evaluasi. Intinya kita ingin melayani secara efektif dan transparan, dan hal tersebut yang diinisiasi oleh KPK," kata Sekda.

Dalam kegiatan Kordinasi dan Supervisi pencegahan (KORSUPGAH) KPK tersebut, Sekda menjelaskan bahwa Babel telah membuat rencana aksi dalam berbagai bidang seperti perizinan, SDM, barang dan jasa serta bidang lainnya sehingga bisa menjadi bahan perbaikan dalam pelayanan publik agar lebih efektif, transparan serta efisien. "Tadi kita membuat rencana aksi apa yg direkomendasikan oleh KPK.  Misalnya bagaimana meningkatkan pendapatan, perizinan bagaimana agar lebih cepat terjangkau, dan transparan. Peningkatan SDM seperti apa, lalu TOP yang akan disampaikan itu basisnya akan lebih adil dan terbuka sehingga klas jabatan nanti akan lebih terukur dan ada nilainya serta TPP juga akan terukur di samping absensi yang kita lakukan sekarang," tuturnya.

Dalam kesempatan tersebut, Sekda mengatakan kualitas dan kapasitas auditor juga akan ditingkatkan selain peningkatan sistem lelang barang dan jasa yang ada di lingkungan Pemprov Babel. "Kapasitas auditor juga akan ditingkatkan, bagaimana lelang semua aspek mulai dari perencanaan yang nantinya akan terintegrasi sesuai arahan KPK,"ungkapnya.

Sekda juga berharap pelaksanaan aplikasi serta rencana aksi dari Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bisa memberikan dampak positif bagi kinerja serta layanan publik bagi masyarakat Bangka Belitung.

"Harapan kita Bangka Belitung lebih bagus layanan publiknya. Apa yg menjadi rencana aksi ini akan dipelajari oleh KPK dan akan direkomendasi lebih bagus lagi serta akan ada dasar hukum untuk dasar kerja kita. KPK sudah masuk ke seluruh provinsi di Indonesia, Bangka Belitung termasuk 10 (sepuluh) provinsi terakhir yang dikunjungi KPK," tegas Sekda.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Nita (Inradio Kominfo Babel)
Fotografer: 
Istimewa
Editor: 
Irwanto