Pemprov Babel Sesuaikan Jam Kerja Selama Ramadhan

PANGKALPINANG - Selama Ramadhan, Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan menyesuaikan jam kerja dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Hal tersebut diutarakan Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Dr. Yan Megawandi, SH, M.Si ketika dimintai tanggapan di sela-sela Penanaman Pohon di sepanjang Kawasan Kompleks Perkantoran Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, pada Jum'at (11/05/2018).

"Selama bulan puasa nanti, pelayanan kepada masyarakat tetap berjalan. Sesuai petunjuk dari pusat, bahwa jam kerja yang mengalami penyesuaian. Karena Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menetapkan 5 (lima) hari kerja, maka jam kerja di seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dimulai pada pukul 08.00 hingga pukul 15.00, kemudian waktu istirahat pada pukul 12.00 - 12.30 WIB," ujar Sekda.

Sekda Babel juga menjelaskan bahwa pemberlakukan jam kerja selama bulan Ramadhan bertujuan supaya Aparatur Sipil Negara (ASN), khususnya yang beragama Islam dapat meningkatkan kualitas ibadah puasanya. "Ini dimaknai agar terjadi keseimbangan hubungan antara Tuhan dan manusia," jelas Sekda.

Selama bulan Ramadhan, Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan menyelenggarakan safari Ramadhan. "Kegiatan Safari Ramadhan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung telah disusun, seperti berbuka puasa Gubernur dan Wakil Gubernur dengan masyarakat, Shalat Maghrib, shalat Isya serta Tarawih berjama'ah maupun sahur bersama dengan masyarakat. Saya yakin seluruh masyarakat Bangka Belitung, khususnya yang beragama Islam akan merasakan kebahagiaan yang sangat luar biasa dengan kehadiran bulan suci Ramadhan," ungkap Sekda.

Dalam kesempatan tersebut, Sekda juga mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa Ramadhan 1439 Hijriah. "Selamat menjalankan ibadah di bulan suci Ramadhan. Mudah-mudahan kita bisa melaksanakan seluruh rangkaian ibadah puasa sehingga di akhir Ramadhan kita menjadi manusia yang fitri," ucap Sekda.

Memperhatikan Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi RI Nomor B 335/M.KT.02/2018 tanggal 08 Mei 2018, bahwa telah ditetapkan jam kerja bagi Aparatur Sipil Negara, TNI dan POLRI selama bulan Ramadhan. Surat Edaran Menteri tersebut menjelaskan bahwa bagi Instansi Pemerintah Pusat dan Daerah yang melaksanakan 5 (lima) atau 6 (enam) hari kerja selama bulan Ramadhan adalah 32,50 jam per minggu.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Ahmad Fauzan Syahzian