Pemprov Babel Targetkan Peningkatan Kinerja Birokrasi di Angka 82,45

Pangkalpinang - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dalam upaya meningkatkan kinerja Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintahan melakukan diskusi bersama sebagai upaya untuk melakukan perbaikan hasil penilaian Mandiri Reformasi Birokrasi Pemerintah Kepulauan Babel Tahun 2018 di Ruang Tanjung Pesona Kantor Gubernur Kepulauan Bangka Belitung pada hari Kamis, (05/10/2018).

Menurut Inspektur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Susanto saat ditemui sesaat setelah selesai memberikan arahan menyampaikan diskusi ini dilakukan untuk mengusahakan peningkatan kinerja pada implementasi reformasi birokrasi. " Pencapaian nilai angka kinerja dapat dilakukan dengan cara melakukan evaluasi, review bersama dengan tim termasuk operator- operator di setiap OPD," jelasnya.

Pencapaian angka kinerja yang sudah diperoleh pada 2017, berada pada angka 62, sedangkan menurut Inspektorat sudah berada pada angka 77. Selanjutnya target penilaian kinerja birokrasi adalah pada angka 82,45. 

Adapun penilaian angka kinerja mencakupi  8 (delapan) area, yaitu : manajemen perubahan, penataan peraturan perundang - undangan , penguatan organisasi, penataan pelaksana, sistem manajemen SDM, penguatan akuntabilitas, Penguatan pengawasan dan Peningkatan kualitas pelayanan publik.

"Pencapaian kinerja sudah mengalami peningkatan dibandingkan tahun lalu, akan tetapi sampai saat ini belum dilakukan validasi oleh Pemerintah Pusat dalam hal ini Kementrian PAN RB. Di dalam diskusi ini dapat memetakan permasalahan di setiap OPD sekaligus diharapkan pencapaian peningkatan kinerja lebih dari angka yang ditargetkan dikarenakan angka 82,45 angka minimal dalam pencapaian Kementerian," harapnya.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Erwin Inradio