Pemprov Gandeng BRI Sukseskan Berkah Mart

PANGKALPINANG—Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggandeng Bank Rakyat Indonesia (BRI) untuk menyukseskan Program Berkah Mart. Sebagai wujud kerja sama itu, Senin (5/10/2018) dilakukan penandatangan perjanjian kerja sama antara Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dengan PT BRI Tbk ini terkait Penerbitan Kartu CO- Branding BRI-Berkah Mart dan Penyediaan Jasa Layanan Perbankan Melalui E Channel, di ruang Pertemuan Badan Diklat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Penandatangan kerja sama antara Pemprov Babel dengan BRI ini dilakukan oleh Gubernur yang diwakiliki oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Yuliswan. Sementara dari BRI, diwakili oleh Kepala Kantor Wilayah BRI Palembang I Wayan Narta. Selain dihadiri pejabat BRI dan Pejabat di lingkungan Pemprov Babel, penandatangan ini juga dihadiri oleh pimpinan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan kepala desa yang siap mengoperasikan BUMDes di desanya.

Yuliswan dalam sambutannya menyampaikan bahwa kehadiran Berkah Mart yang merupakan program dari Gubernur Kepulauan Bangka Belitung ini untuk mensejakterakan rakyat. “Tentunya Berkah Mart ini bertujuan memperpendek rantai distribusi barang serta membantu perekonomian masyarakat desa. Dengan mata rantai distribusi barang yang diperpendek, maka tentunya harga barang yang dijual akan lebih murah dari sebelumnya,” katanya.

Ia menambahkan, kehadiran Berkah Mart juga membantu para pelaku pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dalam memasarkan produknya. Sedangkan kerja sama dengan BRI ini untuk mempermudah masyarakat dalam bertransaksi sehingga Berhak Mart bisa berjalan sukses.

Kepala Kantor Wilayah BRI Palembang, I Wayan Narta dalam sambutanya menyambut baik dan mendukung kehadiran Berkah Mart yang ada di desa yang ada di Babel. “Tentunya kita sangat mendukung program Pak Gubernur ini,” katanya.

Pada tahap awal, Berkah Mart akan beroperasi di 61 desa yang ada di wiayah Bangka Belitung dan 61 desa ini diberikan bantuan keuangan sebesar 100 juta per desa dari Pemprov Babel. Dana tersebut akan disalurkan ke BUMDes akan akan digunakan untuk operasionalisasi Berkah Mart.

Dikatakan Yuliswan ‎dari 309 desa yang ada di wilayah Bangka Belitung, baru 61 desa yang akan mendapatkan kucuran bantuan keuangan. Sisanya, 172 desa yang juga memiliki BUMDes akan dialokasikan ‎pada tahun depan.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Mamaq
Fotografer: 
Mamaq