Pemprov Jalin Kesepahaman Kerjasama Dengan Universitas Pertahanan 

Pangkalpinang - Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah ( BKPSDMD ) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menjalin kesepakatan kerjasama dalam bidang pendidikan dengan Universitas Pertahanan Indonesia. Kesepakatan tersebut bertujuan untuk menghasilkan calon pemimpin yang memiliki wawasan kebangsaan dalam bidang pertahanan setara dengan Strata II ( S2 ).

Kerjasama ini ditandai dengan Penandatanganan MoU antara Pemerintah Provinsi ‌Kepulauan Bangka Belitung diwakili Wakil Gubernur, Abdul Fatah dengan Rektor Universitas Pertahanan, Letjen TNI Dr. (Cand) I Wayan Midhio M.Phil dan disaksikan langsung para Kepala Organisasi Perangkat Daerah Babel, di Ruang Batu Rakit Griya C Rumah Dinas  Gubernur Babel. Selasa ( 12/12/2017 )

Wakil Gubernur menyambut baik dengan adanya nota kesepakatan ini, agar dapat mengembangkan serta memperkaya ASN di lingkungan Pemerintha Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dalam melaksanakan tugas dan fungsinya dalam memberikan pelayanan kepada publik. " Kesempatan yang baik ini dapat dimanfaatkan para aparatur negeri untuk dapat melanjutkan jenjang pendidikan ke tingkat Strata II, untuk menjadi calon pemimpin bangsa yang memiliki kemampuan berpikir dan mengambil keputusan secara lintas sektoral,” kata Wakil Gubernur.

Selanjutnya, Wakil Gubernur meminta kepada Kepala Organisasi Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk dapat memberikan kesempatan kepada para ASN untuk dapat melanjutkan ke jenjang lebih tinggi dengan tetap mempertimbangkan dan memperhitungkan anggaran.

" Dua tataran yang menjadi skala prioritas untuk saat ini, yaitu permasalahan penanggulan bencana dan  penanggulangan komplik sosial. Saya meminta kepada pegawai di Badan Kesbangpol dan BPPD untuk dapat mengikuti pendidikan. Diharapkan ilmu yang ditimpa dapat diaplikasikan dalam pekerjaan dan masyarakat," harap Wakil Gubernur.

Wagub berharap program yang bermanfaat ini dapat terus terjalin agar semangat untuk dapat mengembangkan potensi Sumber Daya Manusia dalam bidang pertahanan dan ketahanan. 

Sementara itu, Rektor Universitas Pertahanan Letjen TNI Dr. (Cand) I Wayan Midhio M.Phil, mengatakan kegiatan ini sekaligus mensosialisakan Universitas Pertahanan terkait program, beasiswa dan fasilitasi yang diberikan. Diantaranya adalah bebas uang kuliah, mendapatkan uang saku, tempat tinggal dan makan yang tidak dipungut biaya.   

"Kedatangan kami kesini adalah dapat menjalin kerjasama serta mensosialisasikan Universitas Pertahanan kepada aparatur dan masyarakat Bangka dan Belitung," terang Jenderal bintang tiga tersebut.

Di dalam melaksanakan fungsi Tridharma Perguruan Tinggi, yang meliputi Pendidikan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat, UNHAN memiliki empat ( 4 ) fakultas, yaitu Strategi pertahanan, Keamanan Nasional, Teknologi Pertahanan, serta 
Manajemen Pertahanan.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Erwin