Pemudik via Pelabuhan Tanjung Kalian Tak Perlu Resah, Sembilan Kapal Penyeberangan Siap Melayani

PANGKALPINANG -- PT Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry (Persero) akan melakukan penambahan jumlah armada di Pelabuhan Tanjung Kalian, Kabupaten Bangka Barat, Bangka Belitung menuju Pelabuhan Tanjung Api-Api, Sumatera Selatan. Selain menambah armada, kapasitas armada juga lebih besar dari biasanya.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Babel KA Tajuddin mengatakan, informasi saat ini ada sembilan kapal akan melayani penyeberangan tersebut. Kapasitas kapal ini jauh lebih besar dari kapal yang melayani penyeberangan di tahun sebelumnya. Daya angkut kapal itu rata-rata bisa mengangkut 30 unit kendaraan roda empat.

"Ini semua bertujuan untuk memberikan kenyamanan dan kelancaran masyarakat ketika mudik lebaran. Sehingga nantinya pemudik tidak terlalu lama menunggu di terminal," kata Kadishub Tajuddin menyampaikan hasil rapat koordinasi di Pelambang terkait mudik lebaran, Senin (28/5/2018). 

Keberangkatan kapal penyebarangan disesuaikan dengan kebutuhan di lapangan. Kadishub Tajuddin menjelaskan, bisa saja keberangkatan kapal penyeberangan dilakukan dua jam sekali. Pelayanan pada puncak arus mudik dilakukan selama 24 jam yakni kemungkinan pada H-2 dan H-1 lebaran.

Lebih jauh Kadishub Tajuddin mengatakan, kemungkinan pihak ASDP akan terus melakukan pemantauan arus mudik lebaran. Sehingga pelayanan kapal penyebarangan akan melihat perkembangan di lapangan, karena tidak mungkin jika kapal diberangkatkan namun belum maksimal penggunaannya.

Saat berbicara posko lebaran, telah disiapkan sejak tanggal 5 Juni. Posko didirikan di beberapa titik yang menjadi pelintasan pemudik. Pastinya, posko ini ada di setiap pelabuhan seperti di Pelabuhan Tanjung Kalian, Pelabuhan Sadai, Pelabuhan Tanjung Gudang dan Pelabuhan Pangkalbalam.

"Posko bukan hanya untuk angkutan lebaran. Sebab posko ini juga memberi pelayanan kesehatan, informasi, keamanan dan lain-lain yang dibutuhkan masyarakat. Satu posko melibatkan beberapa instansi baik dari Dishub, Polda, unsur pelabuhan dan unsur lain yang terlibat dalam pelayanan mudik lebaran," papar Kadishub Tajuddin.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Huzari
Fotografer: 
Adi Tri Saputra