Penerapan Pajak Progresif jadi Langkah Awal Penggunaan Data Kependudukan

PANGKALPINANG -- Satu data kependudukan menjadi salah upaya untuk mempercepat proses pembangunan, baik di tingkat pusat maupun daerah. Setiap instansi dapat memanfaatkan data kependudukan, sehingga perencanaan yang dilakukan menjadi tepat sasaran dan sesuai dengan kebutuhan percepatan pembangunan. 

Demikian dikatakan Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak, Kependudukan Pencatatan Sipil dan Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Susanti saat Rapat Teknis Tindak Lanjut Pemanfaatan Data Kependudukan, di Ruang Pertemuan Bangka City Hotel, Air Itam, Senin (9/7/2018).

"Perjanjian kerja sama penggunaan data kependudukan terkait penerapan pajak progresif kendaraan bermotor merupakan salah satu langkah awal. Ini dapat menjadi pemicu bagi instansi lain untuk memanfaatkan data kependudukan untuk pembangunan," jelas Susanti, Senin (9/7/2018).

Penggunaan data kependudukan untuk melaksanakan pembangunan sangat penting. Untuk itu, Susanti berharap seluruh peserta mengikuti rapat ini dengan baik, sehingga dapat menambah wawasan. Jika data kependudukan tersedia dengan benar, maka dapat menopang pembangunan di Bangka Belitung.

Ia mencontohkan mengenai pelaksanaan pilkada belakangan ini. Sekarang sudah tidak ada lagi terdengar masalah data, hal ini dikarenakan memanfaatkan data kependudukan. Penyelenggaraan pilkada sekarang menggunakan data dari pemerintah provinsi. Jika sudah menggunakan satu data akan sinergis dan tepat sasaran.

Semua satu data. Dikatakan Susanti, data akan lebih fokus dan dinas yang menyediakan data juga lebih fokus. Semua ini berdampak terhadap data yang diberikan dapat dilakukan secara cepat dan tepat. Pasalnya pemerintah provinsi bertanggung jawab mengenai administrasi kependudukan.

"Gunakan data kependudukan untuk melaksanakan pembangunan. Akses data kependudukan sudah dibuka dengan memperhatikan aspek kerahasian data dan privasi," ungkapnya.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Huzari
Fotografer: 
Adi Tri Saputra