Pengukuhan Kepengurusan Pertama HIMPSI Wilayah Babel

PANGKALPINANG - Sebanyak 12 pengurus Himpunan Psikologi Indonesia atau disingkat dengan HIMPSI untuk  wilayah Babel periode 2018 s.d 2022 hari ini Rabu(05/12) resmi dikukuhkan di Gedung Pertemuan TP-PKK Provinsi Kep. Bangka Belitung. Pengukuhan kepengurusan pertama HIMPSI wilayah Babel tersebut didasarkan atas Surat Keputusan PP HIMPSI No : 008/SK/PP-HIMPSI/12/18 tanggal 30 November 2018.
 
Pengambilan sumpah jabatan pengurus HIMPSI wilayah Babel hari ini dilakukan oleh Ketua HIMPSI Pusat DR. Seger Handoyo M.Si, Psikolog yang disaksikan oleh Gubernur Babel yang diwakili oleh staf ahli bidang pemerintah hukum dan politik, Syahrudin serta ketua HIMPSI wilayah Sumsel Muhammad Uyun dan sejumlah tamu undangan dari Danrem, Polda Kep. Babel, Kejaksaan,Perwakilan BNN, Basarnas serta lembaga lainnya. Adapun sebagai ketua kepengurusan HIMPSI wilayah Babel terpilih diemban oleh Rizaldi Adhari.
 
Keberadaan Organisasi HIMPSI diungkapkan Seger Handoyo diharapkan sebagai satu organisasi profesi dapat memberikan sumbangsih untuk masyarakat, lembaga pemerintahan serta kelompok sosial masyarakat yang ada di babel dalam penanganan masalah-masalah sosial.
 
“Psikologi itu dibutuhkan tidak hanya pada penanganan masalah yang berkaitan dengan kejiwaan saja namun ilmu psikologi memiliki kompetensi dan kewenangan di luar itu, baik itu di bidang kesehatan, di bidang pendidikan, di bidang organisasi maupun di bidang politik pemerintahan dan olah raga dan hampir di semua sektor ilmu psikologi punya peran”’ jelas Seger Handoyo
 
Bentuk peran penerapan ilmu psikologi yang kolaborasinya dengan bidang lain diantaranya pada bidang pendidikan dimana ilmu terapan psikologi dibutuhkan seperti pada penanganan pendidikan anak usia dini, untuk penanganan anak berkebutuhan khusus, penanganan kasus kekerasan pada anak bahkan ilmu psikologi dipakai pada bidang hukum seperti psikologi forensik.
 
Mengacu pada luasnya cakupan terapan ilmu psikologi, diungkapkan Seger diharapkan keberadaan HIMPSI wilayah Babel yang berisikan keanggotaannya pada keilmuan psikologi diharapkan dapat memberikan sumbangsih baik kepada masyarakat maupun lembaga pemerintah serta komunitas kelompok sosial masyarakat dalam di Babel.
 
“ Harapannya kepengurusan HIMPSi Babel yang telah terbentuk dapat memberikan sumbangsih di tengah-tengah masyarakat”, papar Seger Handoyo.
 
Sementara itu atensi dan apresiasi atas terbentuknya kepengurusan HIMPSI wilayah Babel disampaikan Gubenur yang diwakili oleh staf ahli bidang pemerintahan, hukum dan politik, Syahruddin. Diungkapkan Syahruddin keberadaan HIMPSI dapat membantu menangani permasalah - permasalah prilaku sosial yang terjadi di masyarkat.
 
“ Pemerintah sangat menyambut baik atas pelantikan pengurus HIMPSI dan HIMPSI dapat mengambil peran membantu pemerintah dalam penanganan kasus prilaku sosial di masyarakat yang membutuhkan pendampingan penanganan”, ungkap Syahruddin
Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Stevani
Fotografer: 
Dokumentasi HIMPSI
Editor: 
Fitra