Pentingnya Sinergi dalam Memajukan Pariwisata Bangka Belitung

BELITUNG-- - Berbagai upaya untuk menggenjot tingkat kunjungan wisatawan ke Bangka Belitung terus dilakukan pemerintah dan untuk mewujudkan  terbangunnya kerja sama atau sinergi baik antara pemerintah dengan pelaku usaha pariwisata maupun kerja sama antar pelaku usaha.  Tidak akan berhasil usaha untuk membangun dan mengembangkan industri pariwisata ketika berjalan sendiri dalam artian tidak saja hanya pemerintah sendiri yang mengembangkan pariwisata ataupun sebaliknya hanya pelaku usaha sendiri saja dan tidak adanya kreativitas.

Hal ini disampaikan Gubernur Babel Erzaldi Rosman pada  Kamis (8/2) dalam kegiatan Natak Kampung  di Pulau Belitung.

Erzaldi mengungkapkan penyusunan regulasi bidang pariwisata, mengadakan sertifikasi secara gratis bagi para pekerja dan pelaku di bidang pariwisata merupakan langkah yang akan dilakukan pemerintah guna mendukung kegiatan usaha pariwisata di Bangka Belitung. Pelaksanaan even yang menggunakan produk dan melibatkan pelaku usaha pariwisata lokal dijelaskan gubernur merupakan langkah yang akan dilakukan pemerintah untuk membantu pelaku usaha wisata di Bangka Belitung.

"Kami membutuhkan masukan dari pelaku usaha untuk penyusunan regulasi industri pariwisata, selain itu kedepan pemerintah berencana akan mengadakan sertifikasi yang bagi pekerja yang berkecimpung di dunia pariwisata," ujar Erzaldi. 

Gubernur Erzaldi  juga mengimbau kepada para pelaku usaha wisata untuk membangun kerjasama salah satunya adalah melalui penawaran paket wisata yang memberikan layanan wisata.Diharapkan gubernur dengan adanya kerja sama yang terbangun antar pelaku usaha wisata di daerah dapat saling menghidupi usaha wisata satu dengan yang lain.

"Misalkan kerja sama antar pelaku usaha melalui bentuk paket wisata dimana para pelaku usaha wisata dapat saling kerja sama,"  jelas gubernur

Dalam acara pertemuan malam itu juga dilakukan sesi tanya jawab antara pelaku usaha wisata dengan gubernur. Selain dihadiri oleh perwakilan pelaku usaha industri pariwisata Belitung maupun Bangka, turut mendampingi gubernur Bupati Belitung dan perwakilan kepala OPD baik tingkat provinsi maupun Kabupaten Belitung.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Stevani
Fotografer: 
Stevani
Editor: 
Irwanto