Pentingnya Sinergi Dalam Pembangunan Antar Tingkatan Pemerintahan

Pentingnya sinergi dalam pembangunan antar tingkatan pemerintah, hal ini diungkapkan oleh Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Rustam Effendi saat membuka Rapat Kerja kepala Bappeda se Provinsi Kepulauan Bangka Belitung di Hotel Aston Soll Marina Pangkalan Baru Kabupaten Bangka Tengah pada (18/9).

Rapat yang memiliki tema “Membangun Sinergi Antar Bappeda se Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menuju Perencanaan Pembangunan yang berkeadilan”  sebagimana diamanatkan dalam pasal 195 Undang-Undang Nomor 32 tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah Bahwa dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan penyediaan pelayanan publik , daerah dapat mengembangkan kerja sama dengan daerah lainnya atau bekerja sama dengan pihak ketiga yang didasarkan pada pertimbangan efisiensi dan efektifitas pelayanan publik, sinergi dan saling menguntungkan. Disamping itu pelaksanaan urusan pemerintah yang mengakibatkan dampak lintas daerah dan untuk menciptakan efisiensi, daerah wajib mengelola pelayanan publik secara bersama-sama dengan daerah sekitarnya untuk kepentingan masyarakat.

Tujuan dari rapat kerja ini adalah untuk memantapkan hubungan keterikatan daerah yang satu dengan daerah yang lainnya dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia, berfungsi pula dalam menunjang keserasian perencanaan pembangunan  daerah, mensinergikan potensi antar daerah serta meningkatkan pertukaran pengetahuan dan teknologi serta mendapatkan masukan untuk penyempurnaan prioritas pembangunan daerah sebagai dasar untuk usulan kegiatan yang pendanaananya berasal dari APBD Provinsi, APBN dan sumber pendanaan lainnya.

Peserta rapat ini terdiri dari Kepala Bappeda se Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan seluruh kepala bidang di Bappeda se Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.  Selain dihadiri oleh Gubernur Kepulauan Bangka Belitung tampak pula hadir Bupati Bangka Tengah H.Erzaldi Rosman Djohan yang menjadi tuan rumah dalam rapat ini. Waktu Pelaksanan rapat kerja kepala Bappeda se Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tahun 2013 dilaksanakan selama 2(dua) hari pada tanggal 17 dan 18 September 2013. 

Dalam hal mewujudkan pembangunan daerah yang berkeadilan, bahwa pelaksanaan pembangunan selalu dihadapkan pada berbagai tantangan dan kendala seiring dengan terjadinya dinamika kehidupan masyarakat baik ditingkat Lokal, Nasional, Regional maupun perubahan konstelasi Global, sebagaimana yang terjadi saat ini.  Meskipun telah banyak keberhasilan yang dicapai oleh Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sampai dengan saat ini namun masih banyak pula persoalan pembangunan yang belum dapat dipecahkan secara optimal. Indikator pembangunan yang bersifat Mono-Dimensi seperi tingkat pendidikan , kesehatan dan pendapatan masyarakat telah mewujudkan perbaikan yang signifikan.

Sebaliknya fakta menunjukan bahwa persoalan pembangunann yang bersifat multi-dimensi seperti tingkat pengangguran, kemiskinan dan ketimpangan /dispartis belum dapat diatasi sepenuhnya. Ketiga persoalan ini sangat kompleks sehingga membutuhkan penanganan secara sinergis dan holistik dari seluruh elemen pembangunan. Persoalan ini diungkapkan oleh Gubernur Provinsi kepulauan Bangka Belitung disela-sela acara pembukaan rapat kerja tersebut. 

Beliau juga mengungkapkan bahwa  dalam pengembangan ekonomi masyarakat ada tantangan bagi pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yaitu ; pertama, keterbatasan akses masyarakat dalam pendanaan informasi dan pasar. Kedua, relatif masih rendahnya kapasitas Sumber Daya Manusia dan kelembagaan usaha masyarakat, ketiga, masih rendahnya produktifitas usaha masyarakat.  Dalam menghadapi masalah keterbatasan akses masyarakat dalam pendanaan, informasi dan pasar perlu dilakukan beberapa kebijakan strategis, misalnya melalui pemberian fasilitas pendanaan bagi usaha ekonomi masyarakat seperti PT.JAMKRIDA BABEL.

Gubernur juga mengharapkan pertemuan ini tidak hanya berupa acara seremonial semata tentunya harus dapat menghasilkan suatu rumusan yang secara bersama-sama mampu diimplementasikan dengan baik dalam rangka pembangunanan di Kepulauan Bangka Belitung.  (*My/imel)

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Evani
Fotografer: 
Evani
Editor: 
Evani