Penyusunan RIPIP - Pemerintah Babel Memberi Perhatian Khusus Untuk Perindustrian

PANGKALPINANG, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melaksanakan Focus Group Discussion (FGD) 1 untuk Kegiatan Penyusunan Rencana Induk Pengembangan Industri Provinsi. Kegiatan dilaksanakan di Hotel Puncak Pangkalpinang, Rabu (01/11/2017).

Peserta FGD 1 yang hadir setidaknya berjumlah 48 orang yang berasal dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait di Provinsi dan Kabupaten/Kota se Kepulauan Bangka Belitung. Dilaksanakan selama 1 hari dengan 5 (lima) Narasumber diantaranya, 4 (empat) Tim Tenaga Ahli dari IPB dan Biro Perencanaan Kementerian Perindustrian Republik Indonesia. 

Dibuka secara resmi oleh Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Sekda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Budiman Ginting dalam sambutannya mengatakan Penyusunan RIPIP ini sangat penting, sebab selama ini telah didorong oleh Kementerian dan tentunya harus segera disambut agar ekonomi seluruh masyarakat Babel lebih baik.
"Tentunya diperlukan kerjasama dengan dinas terkait." Ungkapnnya.

Lebih lanjut dikatakannya bahwa Penyusunan Rencana Pembangunan Industri Provinsi merupakan silabus dan komitmen bahwa Provinsi Kepulauan Bangka Belitung konsen untuk memajukan perindustrian di Babel.

"Keindahan alam sebagai potensi pariwisata, sumber daya alam non baku untuk industri, agro hingga pertambangan tentulah ikut mendukung Perindustrian Babel." Tambahnya.

Pemda Babel juga memberikan perhatian khusus terhadap perindustrian terutama yang mengandalkan potensi daerah sesuai Visi Misi Gubernur. Selain itu Pemda Babel juga memberikan kemudahan dan akses mudah kepada fasilitasi perijinan. "Diharapkan agar masyarakat Babel lebih cepat berkembang dan cekatan." Harapnya.

Menurut Yuliswan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung FGB serupa akan dilaksanakan pertengahan November mendatang khusus untuk Kabupaten Belitung dan Belitung Timur.
"Pemkab diharap dapat membantu mengajak Instansi terkait dalam pertemuan tanggal 7 hingga 8 November 2017 nanti." Ungkapnya.

Ditambahkan Yuliswan, FGD ini sebagai langkah untuk mengidentifikasi industri unggulan yang ada disetiap daerah se Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. "Narasumber yang hadir disini akan membantu penyusunan RIPIP Babel. Peserta yang hadir, diharapkan mengikuti dengan baik." Harapnya diakhir sambutannya. 

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
nonadp
Fotografer: 
nonadp