Peran HUMAS Pemerintah Dalam Pembentukan Opini Publik

Dalam ruang lingkup pemerintahan saat ini, kita sudah tidak asing lagi dengan sebutan “Hubungan Masyarakat (Humas) “. Banyak tugas dan peran yang harus dilakukan oleh Humas Pemerintah, diantaranya : tugas peliputan, dokumentasi, memberikan informasi, promosi dan publikasi.

Humas Pemerintahan pada dasarnya tidak bersifat politis, hanya menyampaikan kebijakan - kebijakan pemerintahan dan segala sesuatu yang berpengaruh terhadap kehidupan masyarakat. 

Seperti yang dikemukakan oleh Walter Lippman bahwa “ Public Relations is another name for political leadership, yaitu Public Relations adalah nama lain dari kepemimpinan politik ”. Seiring dengan tuntutan transparansi dari masyarakat luas sebagai publik pemerintahan, manfaat humas dalam penyelenggaraan pemerintahan secara umum telah diterima sejak lama. Humas dalam pemerintahan dan politik tidak dapat dilepaskan dari opini publik.                  

Namun, tugas yang berat tersebut ternyata masih ditambah dengan hambatan-hambatan penerapan humas yang ideal di pemerintahan. Undang-undang dan peraturan organisasi, seringkali menghambat fungsi humas.                         

Kunci tugas berat dalam pembentukan opini publik yaitu kejujuran dan kenetralan yang harus dipegang teguh oleh kalangan praktisi humas. Setiap pesan atau berita yang disampaikan kepada masyarakat melalui pers haruslah sesuai dengan kenyataan yang sesungguhnya. Kepentingan masyarakat harus senantiasa diutamakan. Jika hal ini benar - benar diperhatikan dan dilakukan Humas pemerintah, maka dengan sendirinya opini publik yang baik akan terbentuk  dalam pencitraan institusinya.

Untuk menggiring opini publik yang baik, Humas harus mempunyai Akses data dan informasi yang akurat dari berbagai sumber. Tidak akan ada opini yang baik

Jika informasi yang disampaikan kepada masyarakat bertolak belakang dengan kondisi yang ada.          

Dalam membentuk opini publik, Humas harus mengemas berita dan informasi dalam kemasan yang menarik dan mudah diterima masyarakat melalui segala teknologi yang ada pada saat ini hingga dapat menjangkau pada semua lapisan masyarakat.

Humas sangat berperan dalam ikut memajukan keterbukaan  dan kemajuan perkembangan informasi sehingga terealisasi Opini Publik yang diinginkan.

Tulisan ini pernah di muat di Harian Babel Pos Tanggal 13 Juli 2018

                                   

                       

Penulis: 
Utari Marisa Fitri (Humas Sekretariat DPRD Prov Babel)
Sumber: 
Utari Marisa Fitri (Humas Sekretariat DPRD Prov Babel)

ArtikelPer Kategori