Perbakin Pengcab Bangka Gelar Kejuaraan Menembak Pada 16 April 2017

PANGKALPINANG - Persatuan Penembak Indonesia (Perbakin) Pengurus Cabang Kabupaten Bangka akan menggelar event olahraga menembak yang rencananya akan diselenggarakan di Anggit Shooting Club (ASC) Pemali Kabupaten Bangka pada 16 April 2017.

Kejuaraan menembak tersebut dimaksudkan untuk seleksi atlit dalam rangka persiapan menghadapi Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) yang akan digelar tahun 2018 mendatang.

Ketua Pengurus Cabang Perbakin Kabupaten Bangka, yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Suharto mengatakan, pada tahun depan Pengcab Perbakin Bangka telah diminta oleh Perbakin Pusat untuk mengikuti kejuaraan menembak dalam ajang Porprov tersebut.

Diakuinya selama ini proses penyeleksian dilakukan oleh Perbakin Pusat, namun mulai tahun 2018 penyeleksian atlit akan dimulai dari kepengurusan cabang Perbakin di daerah masing-masing.

"Semua Kabupaten/Kota akan membentuk Pengcab sendiri-sendiri, dan Alhamdulillah Kabupaten Bangka sudah mempunyai Pengcab sendiri, dan saya sebagai Ketua ditugaskan untuk mencari bibit-bibit atlit penembak di Kabupaten Bangka," kata Suharto saat diwawancarai di ruang kerjanya pada Rabu (12/4/2017).

Dijelaskannya, Kejuaraan ini bertujuan untuk menyaring bibit-bibit atlit penembak, karena hingga saat ini Provinsi Kepulauan Bangka Belitung baru memiliki satu atlit penembak tingkat Nasional yang sudah dua kali mengikuti Pekan Olahraga Nasional (PON), yaitu Anggit Putra Pratiyasta yang menjadi kebanggaan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

"Artinya kami masih memikirkan ke depan agar tujuh Kabupaten/Kota di Babel bisa memiliki atlit-atlit andalan. Saya yakin dengan perlombaan-perlombaan yang dilakukan di Kabupaten/Kota, Insya Allah akan timbul atlit andalannya," ujarnya.

Dirinya pun menyayangkan karena Bangka Belitung pernah berjaya dalam ajang Sea Games, Asean Games dan PON dari cabang menembak, namun tidak memiliki generasi penerus berikutnya.

"Karena ini sayang, atlit nasional kita baru satu. Dan ini merupakan kebanggaan kita juga. Karena di Bangka Belitung dulunya pernah jaya pada tahun 2000-an kebawah itu, kita sudah berbicara di tingkat Nasional, seperti Sea Games, Asean Games dan juga PON. Yang kebetulan atlit Sea Games ada disini, yaitu Ridwan Gunawan, dan kemudian muncul saya sendiri, namun setelah itu menghilang. Kehilangan ini bagi kami, ya kita harus ada regenerasi," jelasnya.

Ia mengharapkan adanya kerjasama antar Kabupaten/Kota agar dapat menyelenggarakan Kejuaraan menembak di daerahnya masing-masing. Sehingga nantinya akan dapat mengisi kekosongan atlit menembak tersebut.

"Bagaimana untuk kedepannya haruslah kita pikirkan bersama. Makanya kami sudah sepakat antar Kabupaten/Kota membentuk Kejuaraan seperti ini, yang nantinya dijadikan target. Artinya setiap Kabupaten/Kota tiap tahunnya harus diadakan event untuk mengisi kekosongan," ucapnya.

Ia berencana akan menggelar event Kejuaraan Menembak ini setiap tahunnya di bulan April karena juga bertepatan dengan perayaan HUT Kabupaten Bangka. Hal ini diakuinya juga dapat meningkatkan event-event pariwisata.

"Bulan ini di Sungailiat ada gelaran Triathlon yang diikuti atlit dunia, bisa saja event menembak ini nantinya juga dapat diikuti oleh atlit dunia, sehingga dapat ikut meningkatkan pariwisata kita," harapnya.

Selanjutnya Suharto mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Bangka, KONI Kabupaten Bangka, dan PT. TIMAH serta komponen olahraga lainnya seperti Bangka Jeep Club, klub penyelam, klub pebalap motocross dan klub sepeda atas dukungannya terhadap event Kejuaraan Menembak yang akan diselenggarakan Perbakin Pengcab Bangka pada 16 April 2017 tersebut. (HK)

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Heriyanto Kurniawan
Fotografer: 
Heriyanto Kurniawan
Editor: 
Noviansyah