Peresmian PLTBg Sungai Terlung, Masyarakat Berharap Berdampak Terhadap Peningkatan Ekonomi

BANGKA -- Rencananya hari ini Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Biogas (PLTBg) Sungai Terlung. Pembangkit listrik berkapasistas 2 MW milik PT Bangka Biogas ini diharapkan dapat menambah pasokan energi listrik.

Tak hanya itu, sebab pembangkitan  listrik yang berada di Desa Cengkong Abang, Kecamatan Mendobarat, Kabupaten Bangka ini juga diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat. Semula masyarakat hanya bertani, sekarang bisa bekerja di bidang lainnya.

Indra tokoh masyarakat Desa Cengkong Abang mengharapkan, dengan banyaknya investasi masuk ke Desa Cengkong Abang dapat membuat kesejahteraan masyarakat setempat menjadi lebih baik. Sekarang masyarakat bisa bekerja di bidang lain, selain bertani dan berkebun.

"Masyarakat ada yang bekerja di perusahaan CPO dan kernel. Tentunya ini sangat membantu masyarakat sekitar," kata Indra saat menghadiri acara peresmian Pembangkit Listrik Tenaga Biogas (PLTBg) Sungai Terlung, Senin (14/5/2018).

Sudah seharusnya perusahaan yang berinvestasi di suatu daerah memberikan kesempatan bekerja kepada masyarakat lokal. Indra menambahkan, sementara ini masyarakat Cengkong Abang bekerja di perkebunan sawit dan pabrik sawit dengan beragam pekerjaan. Selain itu sebagai pemasok bijih sawit ke perusahaan tersebut.

Sedangkan untuk di pembangkit listrik ini belum mempekerjakan masyarakat Desa Cengkong Abang. Menurut Indra, pembangkit ini masih baru berdiri dan tenaga kerja yang dibutuhkan merupakan tenaga kerja dengan keahlian tertentu. Mungkin keahlian masyarakat sekitar belum memenuhi kebutuhan perusahaan.

"Perusahaan ini tentunya membutuhkan tenaga dan sumber daya manusia yang mempunyai keahlian di bidang teknik. Masyarakat kita banyaknya lulusan fakultas ekonomi atau sarjana ekonomi. Sehingga tidak sesuai dengan kebutuhan perusahaan," jelas Indra.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Huzari
Fotografer: 
Huzari