Peringatan Hari Anak Nasional, Pentingnya Dukungan Pemerintah dan Orang Tua

PANGKALPINANG - Melalui Tema “ Bersinarlah Seperti Bintang Dimana pun Anak Berada” 200 anak dari lembaga kesejahteraan sosial anak bersama dengan wakil gubenur kepulauan Bangka Belitung Abdul Fatah, Ketua HIMPAUDI Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Melati Erzaldi Rosman , wakil ketua PKK provinsi kepulauan Bangka Belitung Laksmi Dharmayanti Abdul Fatah dan seluruh jajaran OPD dinas sosial provinsi kepulauan Bangka Belitung dan kementerian sosial RI serta sejumlah stakeholder pemerintah dari pihak swasta yakni Bank Sumsel Babel dan Bangka Botanical Garden mengikuti kegiatan peringatan Hari Anak Nasional tahun 2017 yang diselenggarakan oleh Kementerian Sosial RI bersama dengan Dinas Sosial hari ini Selasa (28/08/2017)  di halaman kantor Dinas Sosial Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Kegiatan peringatan Hari Anak Nasional siang itu diisi dengan beberapa kegiatan diantaranya pertunjukan seni dan kreasi anak-anak PAUD, bernyanyi bersama, deklarasi anak, pembagian bingkisan hadiah kepada anak-anak dan pertunjukan kegiatan kreativitas anak-anak.

Diselenggarakannya kegiatan hari anak nasional bagi anak-anak Bangka Belitung, diungkapkan M.Aziz Harahap selaku kepala dinas sosial pemprov babel merupakan bentuk fasilitasi bagi anak-anak khususnya di bangka belitung untuk mengaktualisasikan potensi kreatifitas serta dapat menumbuhkan kepedulian, kesadaran dan peran aktif masyarakat, serta stakeholder dalam perlindungan dan pemenuhan hak anak.

Hal senada juga diungkapkan ketua himpunan pendidik dan tenaga kependidikan anak provinsi kepulauan Bangka Belitung, Melati Erzaldi Rosman dalam sambutannya menyampaikan bahwa dalam rangka pemenuhan hak anak-anak sebagaimana yang diamanatkan dalam UU No. 35 tahun 2014 meminta agar pemerintah dan pemerintah daerah memberikan prioritas terhadap kondisi pertumbuhan dan perkembangan anak-anak.

“ Saya sampaikan dalam acara ini, dimana saya harapkan kepada pemerintah agar program perlindungan dan pemenuhan bagi anak-anak dilibatkan dan masuk dalam kegiatan prioritas pemerintah seperti masuk dalam program pembahasan di Musrenbang”, ungkap Melati.

Tidak saja hanya pemerintah, Melati juga menyampaikan bahwa peran aktif dan keterlibatan orang tua merupakan hal penting dalam pemenuhan hak anak maupun dalam kegiatan-kegiatan yang mendukung kreatifitas anak seperti dalam pelaksanaan kegiatan peringatan hari anak dan melibatkan forum anak yang ada di bangka belitung.

Lebih jauh, Melati juga menyampaikan apresiasinya atas upaya pemerintah pusat melalui kementerian sosial yang memberikan perhatian terhadap perlindungan dan pemenuhan hak anak dengan menjadikan kegiatan peringatan hari anak khususnya di Bangka Belitung masuk dalam program prioritas di lembaga kementerian sosial, dan berharap agar kegiatan peringatan Hari Anak yang diselenggarakan oleh pemerintah dapat lebih meriah lagi.

Pentingnya peran aktif dan dukungan orang tua dalam perlindungan dan pemenuhan hak anak juga disampaikan oleh wagub Abdul Fatah, dimana dalam sambutannya Wagub mengungkapkan bahwa orang tua memiliki peran dalam mendidik, memotivasi dan mendampini serta bertanggungjawab atas pertumbuhan dan kembang anak.

“ Saya sampaikan disini agar setiap orang tua memperhatikan perkembangan anak, tidak hanya itu saja namun juga orang tua agar dapat memberikan motivasi dan mendampingi anak, hal ini sangat penting selain juga untuk meningkatkan kreativitas anak melalui dukungan orang tua”, ungkap Wagub.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
stevani
Fotografer: 
stevani