Peringati Hari Armada RI, Danlanal Babel Dorong Masyarakat Untuk Peduli Lingkungan

SUNGAILIAT - Dalam rangka memperingati Hari Armada RI ke 72 Tahun 2017, Pangkalan TNI AL Bangka Belitung bersama Kepolisian RI, PT Timah dan Dinas Kehutanan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung serta instansi terkait melakukan penanaman pohon, pelepasan burung dan kepiting bakau di Pantai Mengkalok, Rebo Kabupaten Bangka pada Selasa (28/11/2017).

Pohon yang ditanam pada peringatan Hari Armada ini adalah tanaman cemara laut dan pohon ketapang berjumlah 1000 pohon.

Danlanal Babel Letkol Laut (P) Iwan Kuswanto mengatakan bahwa acara ini merupakan kepedulian masyarakat terhadap kehidupan manusia, dan kerusakan di suatu lingkungan bisa mengakibatkan bencana. 

Di kesempatan yang sama, Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Nazalyus mengungkapkan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengurangi lahan kritis dan menambah tutupan lahan di daerah ini.

"Penanaman ini dilakukan oleh lembaga instansi terkait dan masyarakat.  Untuk itu Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sangat mengapresiasi kegiatan ini dan akan kami bantu dalam melakukan rehabilitasi hutan dan lahan. Diharapkan tumbuhan yang telah ditanam dapat dijaga dengan baik sehingga dapat meminimalisir lahan kritis," ungkap Nazalyus.

Nazalyus juga menambahkan bahwa pelepasan satwa burung yang dilakukan adalah untuk menambah populasi pada jenis satwa, menumbuhkan sifat saling mengasihi antar mahluk hidup dan menjaga kelestarian satwa tertentu.

Azhar Achmad, perwakilan dari PT Timah menambahkan bahwa sebelumnya PT Timah telah melakukan penanaman mangrove di kawasan ini. Menurutnya Azhar, PT Timah berkeinginan membentuk suatu ekosistem ekologi d iwilayah pesisir,  sehingga kegiatan ini tidak hanya sampai disini saja melainkan dapat membentuk suatu ekosistem yang baik.

"Kita tidak hanya menanam saja tapi disini kita membuat ekositem baru dan merehabilitasi lingkungan. Seperti yang kita lihat, bahwa kawasan ini perlu direhabilitasi dan saya berharap kita akan terus melakukan upaya untuk melestarikan lingkungan," ungkap Azhar.

Menurut Azhar kegiatan ini perlu dukungan penuh dari masyarakat karena manfaat tersebut akan kembali kepada masyarakat itu sendiri.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Evani
Fotografer: 
Evani