Peringati Maulud Nabi Muhammad SAW, Warga Selindung Baru Adakan Berbagai Perlombaan

Pangkalpinang - Berbagai lomba diadakan di Masjid Nurul Iman Selindung Baru Pangkalpinang dalam Peringatan Maulud Nabi Muhammad SAW 1439 H, pada hari Ahad (10/12/2017).

Perlomba tersebut diantaranya Lomba Adzan, Lomba Hafalan Surat Pendek, Lomba Menggambar Kaligrafi serta Lomba Mewarnai.

Beberapa perlombaan ini dibagi menjadi beberapa tingkatan diantaranya, pertama, lomba mewarnai yang diikuti tingkat TK, Tingkat SD dan lomba kaligrafi tingkat kelas 4 SD hingga kelas 6 SD, ketiga lomba adzan yang dibagi 2 kategori yaitu tingkat SD dan SLTP, keempat lomba hafalan Surat pendek dan doa harian, dimana Surat Ad-duha sebagai Surat wajib dan doa harian serta 7 Surat pilihan lainnya dengan sistem diacak.

"Setidaknya 120 orang terdaftar sebagai peserta dalam perlombaan hari ini," ungkap Fauzan, Ketua Panitia pelaksana saat diwawancarai oleh jurnalis babelprov.go.id.

"Harapan  dari perlombaan ini adalah menjadi agenda rutin tahunan dan bisa mendapat dukungan dari Pemerintah khususnya dari Pemerintah Kota hingga Pemerintah Provinsi," ujar Fauzan yang dalam kesehariannya juga menjabat sebagai Ketua Remaja Masjid Nurul Iman.

Kegiatan yang dilaksanakan pukul 08.00 WIB hingga selesai ini diinisiasi oleh remaja Masjid Nurul Iman dan di dukung penuh oleh Pengurus Masjid Nurul Iman.

Dijelaskan lebih lanjut oleh Ketua Panitia Pelaksana, aspek penilaian dari lomba  tersebut berbeda-beda, lomba mewarnai dan kaligrafi dilihat dari keindahan, kreativitas dan imajinasinya dan lomba adzan dinilai dari tadwid, tartil dan intonasinya demikian pula dengan doa harian dan surah pendek.

Salah seorang peserta lomba, Dinda Salsabila yang mengikuti lomba surat pendek dan do’a sehari-hari  mengatakan tujuannya mengikuti lomba ini adalah untuk lebih mengasah kemampuan dalam menghapal surat. 

"Selain itu untuk mengasah tartil, tajwid serta lagu-lagu dalam surat-surat pendek," ungkap Dinda.

Ditanyai tentang tujuan dan harapan Remaja dan Ketua Masjid Nurul Iman sendiri, Sekretaris Pengurus Remaja Masjid, Afifah Dillah Rohimah menjelaskan harapan-harapan akan kegiatan ini.

"Dengan diadakannya perlombaan ini diharapkan minat bakat serta kreatifitas anak muda zaman sekarang terutama anak-anak sekolahan agar lebih mencintai masjid dan bisa mengisi waktu luangnya dengan hal-hal yang bermanfaat," ungkap Afifah.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Masjid pun turut serta menyampaikan tujuan dan harapan dari kegiatan ini. "Menciptakan syiar islam di Masjid Nurul Iman, agar sedikit demi sedikit membiasakan diri mengenal Masjid. Sebagai pemicu semangat mereka, Insha Allah acara ini akan dilaksanakan setahun sekali," tambahnya.

Pemenang lomba seluruh kategori akan diumumkan usai pelaksanaan lomba pada hari yang sama dan akan diberikan piala, piagam serta uang pembinaan kepada para pemenang lomba. (Zakiya/Putri)

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
nonadp
Fotografer: 
zulfikar