Peringati Tahun Baru Islam 1439 H, Pemprov Babel Lakukan Pembinaan Rohani Bagi ASN

Pangkalpinang – Dalam rangka memperingati Tahun Baru islam 1439 Hijriah, Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyelenggarakan pembinaan untuk mendapatkan pembinaan rohan bagi ASN. Acara tersebut dilaksanakan di Ruang Pasir Padi Kantor Gubernur pada hari Rabu (04/10/2017). Tampak hadir Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah Sahirman, dan Ustad Rizal yang memberikan tausiah kepada para pegawai.

Sahirman menjelaskan tujuan dari acara ini berharap para pegawai di lingkungan provinsi menjadi semakin mantap iman dan pengorbannya, dan memiliki semangat hijrah, yaitu hijrah hati untuk memperbaiki diri.

“Dengan pembinaan rohani ini, saya harapkan kepada para pegawai menjadi mantap dalam iman, semangat pengorbanan, semangat hijrah semakin meningkat. Dengan hijrah hati, mengubah pola pikir dari yang mungkin tadinya hatinya tertutup menjadi terbuka, tadinya berhati sempit menjadi lapang,” ujar Sahirman.

Pada kesempatan yang sama, ustad Rizal memberikan tausiahnya di depan para ASN di lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Ada beberapa pesan yang disampaikan oleh sang ustad, pertama mengenai perbedaan yang berada di bumi Indonesia yang masyarakatnya sangat majemuk. Maka dari itu Ia berharap bahwa perbedaan jangan dijadikan permasalahan, karena dapat mengganggu keutuhan dari NKRI.

Kedua, mengenai rezeki, yang diartikan jika Allah sudah berkehendak, rezeki tidak akan tertukar. Dalam meraih rezeki, ada tiga hal yang perlu dilakukan oleh seorang muslim, yaitu berikhtiar (berusaha), beribadah, dan tawakal (berserah diri kepada Allah). "Untuk itu kita harus selalu yakin kepada Allah, dengan berikhtiar semaksimal mungkin, berdoa dan beribadah, dan tawakal. Tiga hal tersebut tidak dapat dipisah-pisahkan, satu ditinggalkan, bisa goyang kehidupan kita,” ujar Ustad Rizal.

Ketiga mengenai masalah kenakalan remaja, mengingat remaja adalah generasi penerus bangsa. Maka hal tersebut dapat diberikan perhatian khusus dan kontrol sosial mulai dari lingkungan terdekat, seperti orang tua, guru, tokoh agama, kepolisian, dan masyarakat. Pasalnya pengaruh zaman sekarang memiliki pengaruh yang luar biasa bagi perkembangan generasi muda. Maka dari itu Ia mengingatkan kepada para hadirin untuk dapat memberikan contoh yang baik sebagai orang tua dari lingkungan terdekat generasi muda.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
khalimo
Fotografer: 
Khalimo