Perkuat Kebersamaan Antar Lembaga, Gubernur Kunjungi Makorem 045/Gaya

Bangka Tengah - Dalam upaya mempererat komunikasi antara lembaga pimpinan daerah, Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, DR.H. Erzaldi Rosman melakukan kunjungan kerja ke Markas Komando Resimen 045/Garuda Jaya, Namang pada hari Jum'at (06/10/2017). 

Kedatangan Gubernur bersama rombongan disambut Kasrem Gaya/045, Letkol Inf I Ketut Mertha Gunarda, dan dilanjutkan melihat lapangan latihan tembak Korem.

Selain mengunjungi lapangan tembak tersebut, Gubernur dan rombongan mendapatkan kesempatan untuk memperagakan keahliannya dalam menembak jarak dekat menggunakan pistol dengan jarak tembak 10 meter dan 20 meter.

Setelah meninjau langsung kondisi lapangan latihan tembak tesebut, Gubernur mengatakan selain untuk meningkatkan profesionalisme anggota TNI, tempat ini dapat dijadikan Pengda maupun Perbakin untuk dapat memanfaatkan lapangan tembak tersebut. Pasalnya cabang olahraga  menembak akan diperlombakan dalam ajang Pekan Olahraga Provinsi 2018.

"Ketika datang dan melihat langsung lokasi lapangan tembak, saya rasa dapat dikembangkan antara TNI dan Pengda / Perbakin," kata Gubernur.

Menurut Gubernur, lapangan tersebut masih sangat layak untuk tempat latihan dan pertandingan dan tidak perlu membuat lapangan tembak yang baru. "Kenapa mesti membuat lapangan tembak yang baru? Disamping biayai mahal, lebih baik tempat ini kita jadikan lebih bagu lagi karena lapangan tembak ini representatif," terang Gubernur.

Setelah melihat lapangan tembak, Gubernur selanjutnya meninjau lokasi  ekowisata yang diprakarsai Korem 045/Gaya. Ekowisata yang digagas Korem ini merupakan konsep merubah lahan yang tidak produktif atau hutan lindung yang sudah rusak akibat penambangan timah Ilegal menjadi kawasan hijau yang dapat dimanfaatkan kembali.  Lahan seluas 125 hektar dan baru digarap 25 hektar ini dapat dihijaukan  kembali dengan menanam jambu biji, jambu mete, dan sirsak.

"Tidak mudah mereklamsi hutan lindung pantai karena harus memiliki konsep dan strategi pengembangan yang baik. Saya melihat ekowisata menjadi pintu masuk untuk membuka wawasan dan cara berpikir masyarakat, dimana bekas tambang itu dapat dijadikan alam," kata Gubernur

Gubernur merasa kagum serta memberikan apresiasi kepada Korem yang telah merubah lahan tandus ini menjadi tempat wisata.

"Konsep yang dikembangkan ini sangat baik sekali. Tentu akan kita dukung karena dampak yang dihasilkan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat dan alam," tutup Gubernur.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Erwin
Fotografer: 
Erwin