Pertengahan Desember Kampung Radio Di-Launching

PANGKALPINANG—Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bersama dengan RRI Stasiun Sungailiat akan me-launcing Kampung Radio pada pertengahan Desember 2018. Hal itu terungkap dalam rapat koordinasi pembasan dan pematangan Kampung Radio yang diselenggarakan di Ruang Tanjung Pendam Kantor Gubernur Air Itam, Rabu (28/11/2018).

Rapat pembasan dan pematangan Kampung Radio ini dipimpin Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Sudarman dan didampingi Kepala Stasiun RRI Sungailiat, Harianto Adi, serta Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik, Padli.

Rapat dihadiri juga oleh Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bangka,  Kemas Arfani Rahman, perwakilan dari ban BNI, BRI, PT Timah, dan perwakilan OPD dari Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung serta perwakilan OPD dari Kabupaten Bangka.

Sudarman mengungkapkan, Kampung Radio yang akan di-launcing di Desa Bukit Layang, Kecamatan Bakam, Kabupaten Bangka ini merupakan pilot project. “Jika Kampung Radio di Desa Bukit Layang ini berjalan sukses artinya sudah mandiri, maka akan ada lagi Kampung Radio di kabupaten lainnya di wilayah Bangka Belitung,” kata Sudarman.

Dia menambahkan,  Kampung Radio ini merupakan upaya yang dilakukan secara bersama atau gotong rotong dari semua komponen untuk mengangkat dan mengembangkan potensi yang ada di suatu desa. Untuk itu dia berharap partisipasi semua pihak untuk mendukung kegiatan ini. "Jadi dalam rapat koordinasi merupakan bentuk pemantapan dari semua pihak dalam kesiapan pelaksanaan Kampung Radio ini," tuturnya.

Dikatakan Sudarman, Kampung Radio ini sifatnya pemberdayaan dengan mendorong masyarakat Desa Bukit Layang agar lebih produktif. Untuk itu tim relawan TIK akan mendidik dengan program e-commerce, yakni perdagangan melalui sistem elektronik ataupun internet. "Dengan cara ini tidak perlu lagi memasarkan produk yg mereka tawarkan melalui pasar tradisional.  Dan proses pengemasannya pun akan dibimbing pihak UMKM,  serta akan diadakan  juga pelatihan tentang cara mengirimkan barang yang dipesan konsumen," paparnya.

Sedangkan Kepala Stasiun RRI Sungailiat, Harianto Adi, mengungkapkan, RRI Sungailiat Bangka Belitung mencoba menjalin kerja bersama-sama dengan Diskominfo Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menginisiasi untuk memberdayakan masyarakat  yang diarahkan menjadi komunitas informasi mandiri dan berfungsi sebagai opinion leader  serta mengajak stakeholder lainnya terlibat sebagai pendamping yang mumpuni pada bidang tertentu hingga mampu memberdayakan masyarakat perdesaan berkreasi dan mandiri dalam membangun dan mengembangkan potensi desanya secara profesional.

 

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Reneesha Pebrianti (Pramas DKP)
Fotografer: 
Umar
Editor: 
Mamaq