Pertinas SWBB 2018 Ditutup dengan Api Unggun, Pesan Melati Erzaldi : Jadilah Manusia yang Bermanfaat

MERAWANG – Merenung dalam lingkaran persaudaraan, Kepala Kwartir Daerah Bangka Belitung Melati Erzaldi menyalakan api unggun sebagai penanda berakhirnya kegiatan Perkemahan Bakti Nasional Saka Widya Budaya Bakti 2018 di Bumi Perkemahan Depati Amir Balun Ijuk, Kecamatan Merawang,  Sabtu malam (24/11).

Selain sebagai salah satu sarana yang dapat memperat persaudaraan, kegiatan api unggun ini juga dapat memupuk jiwa gotong royong, yang memberikan suasana kegembiraan dan rasa kebebasan bagi para peserta Pertinas SWBB.

Dalam sambutannya Melati Erzaldi mengatakan bahwa api ini merupakan simbol dari sifat baik dan sifat buruk ada pada diri manusia. Dimana dalam kebaikan, hubungan sesama manusia akan memberikan manfaat kepada insan lainnya. Untuk itu, Ia berpesan agar jangan bertumbuh menjadi manusia yang merusak dan merugikan bagi orang-orang yang ada disekitarnya.

“Api memiliki dua sifat yang bertentangan yaitu sifat baik, dan sifat yang merusak. Sehingga dalam momen api unggun ini, kami sebagai kakak-kakak pembina berpesan jadilah api yang memiliki sifat baik, yang memberikan penerangan ditengah kegelapan, dan juga api yang bersahabat kepada manusia yang memberikan kehangatan dalam kebingungan,” pesan Melati.

Dalam kesempatan yang sama Direktur Sejarah pada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Triana Wulandari mengatakan melalui kegiatan ini para Penegak Pandega dipersiapkan agar menjadi manusia memiliki karakter bangsa Bhineka Tunggal Ika untuk mewujudkan kerukunan hidup di masyarakat.

Untuk menghadapi masa depan, diharapkan para anak muda yang telah mendapatkan berbagai ilmu selama mengikuti Pertinas SWBB 2018 menjadi generasi produktif yang tangguh, optimis, dan berdaya juang tinggi agar dapat bersaing dalam kemajuan zaman, namun tetap memiliki budi pekerti yang luhur.

“Saya berharap hasil yang diterima oleh para Penegak dan Pandega menjadi momentum bagi gerakan pramuka untuk menjadi wadah penyaluran bakat dan minat serta kreatifitas yang dapat dikembangkan menjadi job creation, memiliki karakter dan berbudaya sesuai dengan PERTINAS SWBB,” harap Tri Wulandari menutup sambutannya.

 

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Khalimo
Fotografer: 
Khalimo
Editor: 
Mamaq