Peserta Kirab Pemuda Nusantara 2017 Belajar Mengenal Potensi Kearifan Lokal Babel

TOBOALI - Memasuki hari kedua pelaksanaan KIRAB Pemuda Nusantara Tahun 2017 yang diprakasai Kementerian Pemuda dan Olahraga RI, para peserta KIRAB Pemuda Nusantara 2017 yang terdiri dari pemuda/i perwakilan daerah se indonesia, hari Sabtu (11/11/2017) melanjutkan rangkaian kegiatan KIRAB dengan fokus mengenal kearifan lokal Bangka Belitung melalui pengenalan potensi bahari, hasil-hasil produk masyarakat lokal dan keanekaragaman budaya yang ada di Bangka Belitung.

Agenda pengenalan kearifan lokal diawali dengan kunjungan ke tempat destinasi wisata bahari unggulan yang ada di pulau Bangka Selatan dengan lokus di wisata pantai Batu Belimbing. Para peserta Kirab selain diajak untuk melihat dan menikmati keindahan dari wisata pantai Batu Belimbing juga melaksanakan kegiatan bakti sosial disana seperti penanaman pohon belimbing dan alpukat di sekitar pantai.

Haris Setiawan selaku Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bangka Selatan yang mendampingi para peserta Kirab mengungkapkan selain agenda kegiatan bakti sosial dan kunjungan ke destinasi wisata bahari yang ada di pulau bangka selatan juga untuk menanamkan kepedulian kepada generasi muda menjaga kelestarian pantai.

"Makna dari agenda kegiatan bakti sosial dan kunjungan ke wisata bahari adalah untuk menanamkan pemahaman kepada generasi muda pentingnya kepedulian menjaga potensi alam khususnya potensi bahari yang memiliki nilai sebagai destinasi wisata. Dimulai dengan cara menjaga kebersihan, kenyamanan dan keamanan pantai sebagai satu destinasi unggulan di Bangka Belitung," jelas Haris.

Selain melakukan kunjungan ke Pantai Batu Belimbing, dilanjutkan dengan melakukan kunjungan ke Pantai Tanjung Kerasak dan Pulau Tukak sekaligus touringke pulau-pulau kecil. Sebelum melanjutkan perjalanan, peserta Kirab diajak terlebih dahulu untuk mengenal produk khas masyarakat Bangka Selatan dengan melihat dan mengunjungi usaha kecil pembuatan terasi ikan dan udang produksi masyarakat lokal di sekitar Pantai Batu Belimbing.

Kemudian kegiatan selanjutnya dengan mengunjungi SMK YAPENTOB (Yayasan Pendidikan Toboali) sekaligus bertemu dengan pelajar di Bangka Selatan. Kedatangan peserta Kirab Kegiatan Pemuda Nusantara 2017 disambut dengan tarian tarian Nganggung yang dibawakan oleh siswa/i SMK YAPENTOB.

Kegiatan pertemuan dengan para pelajar tersebut juga dihadiri Kepala Sekolah SMK YAPENTOB Sunaidi Solihin dan Kepala Dinas Kendidikan Kabupaten Bangka Selatan Narwanto yang menyampaikan sejarah pendirian SMK YAPENTOB. Kepada para peserta Kirab, Narwanto menyampaikan bahwa SMK YAPENTOB telah terakreditasi A dan menerima penghargaan ISO sejak tahun 2008.

Selama acara kunjungan ke SMK tersebut para peserta Kirab juga berbagi informasi dengan siswa/i SMK YAPENTOB tentang cara mengikuti Kirab Pemuda, pertukaran informasi budaya dan membangun jejaring pertemanan.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
stevani
Fotografer: 
Stevani