Pimpin Apel Pagi Dinas Kominfo, Sekda Yan Megawandi Ajak OPD Untuk Berinovasi

PANGKALPINANG -  Peningkatan displin pegawai, kinerja pegawai dan pengembangan inovasi melalui penerapan IT dalam budaya kerja dilingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menjadi point utama arahan Sekretaris Daerah Yan Megawandi pada hari ini, Rabu (15/03/2017) saat menjadi Pembina Apel Pagi di Dinas Komunikasi Dan Informatika Provinsi Bangka Belitung.

Terkait dengan disiplin dan kinerja pegawai, Sekda mengungkapkan beberapa strategi kedepan yang rencananya akan diberlakukan.

“Absensi pegawai  nanti kalo bisa menggunakan absensi  scan retina mata saja, karena sebelumnya sistem manual dan absensi sidik jari masih ditemukan beberapa kelemahan-kelemahan ”, ungkap Yan.

Selanjutnya, Pemprov Babel juga akan mulai memberlakukan Catatan Harian Kerja Pegawai (CHKP) sebagai dasar untuk pemberian tunjangan tambahan penghasilan (TTP) dan penggunaan sistem talentpool dalam rangka mendata dan menyeleksi potensi pegawai, tambah Sekda.

Sedangkan untuk inovasi IT , Sekda Yan Megawandi menjelaskan perlu adanya inovasi teknologi sistem informasi guna mendukung terciptanya efisiensi dalam layanan publik.

“Kedepan pemprov mengharapkan agar setiap OPD dapat membuat  inovasi-inovasi, terutama Diskominfo ini sebagai dinas yang menangani sistem IT, saya kira nanti akan banyak inovasi-inovasi yang dapat diciptakan di Diskominfo ini kedepannya, inovasi dapat dilakukan melalui berbagai metode, diantaranya metode yang disebut ATM (Amati, Tiru dan Modifikasi)”, urai Sekda.

Hal senada juga diungkapkan Suharto selaku kepala Dinas Komunikasi Dan Informatika Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang mendukung  pentingnya inovasi penerapan sistem IT. Dengan adanya inovasi pada sistem IT diharapkan dapat mewujudkan integrasi layanan data yang ada di lingkungan pemerintah daerah.

lebih jauh, Suharto menjelaskan bahwa walaupun saat ini dalam membangun integrasi layanan data berbasis IT masih terkendala keterbatasan dana yang ada, namun Ia meyakini kedepan integrasi sistem layanan data dan informasi di lingkungan Pemprov Babel dapat terwujud.

“Saat ini tentunya sesuai dengan arahan Sekda tadi, Diskominfo mendukung penuh rencana pengembangan dan inovasi di bidang IT ini khususnya dalam hal membangun integrasi layanan data dan informasi OPD di lingkungan Pemprov Babel. Seperti yang kita ketahui bahwa  saat ini ada ribuan arsip data pegawai, yang tentunya dengan adanya inovasi penerapan sistem IT ini, bisa memudahkan dalam mengakses layanan data pegawai in,” jelas Suharto.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Stevani
Fotografer: 
Stevani
Editor: 
Noviansyah