Pimpin Upacara HUT Bangka Belitung, Gubernur Sampaikan Capaian Yang Telah Diraih

Pangkalpinang - Pada tanggal 21 November 2017, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung genap berusia 17 tahun. Banyak hal yang telah dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bersama stakeholder terkait dan masyarakat dalam kurun waktu 17 tahun. Adapun capaian yang telah diraih hingga tahun 2016 yaitu meningkatnya Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) atas dasar harga menurut lapangan usaha tahun 2000 dari 6,4 triliun menjadi 65,1 triliun rupiah. Dari kondisi tersebut menunjukan bahwa output barang dan jasa yang dihasilkan dari kegiatan ekonomi meningkat secara signifikan. Keberhasilan tersebut oleh Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman saat memimpin upacara Hari Jadi Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ke-17 di depan peserta upacara, bertempat di halaman Kantor Gubernur Kepulauan Bangka Belitung pada Selasa ( 21/11/2017).

Selain itu, Gubernur juga memberikan keberhasilan pembangunan yang lainnya, yaitu kapasitas APBD meningkat hampir 8 (delapan) kali lipat. Pada tahun 2002, pendapatan daerah baru 266,4 Miliar Rupiah, dan sekarang pendapatan daerah menjadi 2,3 Triliun Rupiah, dengan Pendapatan Asli Daerah (PAD) meningkat 13 kali lipat dari 48,8 Miliar Rupiah menjadi 678,9 Miliar Rupiah.

Selanjutnya Gubernur juga menambahkan, bahwa angka kemiskinan yang dulunya 11,62 persen sekarang menurun menjadi 5,04 persen. Catatan lain dari keberhasilan pembangunan lainnya yaitu dari sektor kesehatan saat ini di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung telah memiliki 9 (sembilan) Rumah Sakit milik pemerintah dan 8 (delapan) Rumah Sakit swasta. Di sektor pendidikan, Angka Melek Huruf yang pada tahun 2002 hanya sebesar 91,7 persen dan telah berhasil ditingkatkan menjadi 97,66 persen.

"Melalui peringatan Hari Jadi Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ke-17, saya ingin mengajak seluruh komponen semua untuk saling bahu membahu memberikan kontribusi terbaik yang bisa dilakukan. Kita berharap dapat membuat lompatan yang besar untuk kemajuan dan kesejahteraan yang lebih baik bagi masyarakat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung," ungkap Gubernur.

Selain menyampaikan capaian pembangunan, Gubernur juga menyampaikan prestasi berupa karya nyata. Prestasi tersebut yang telah berhasil diraih oleh Provinsi Kepulauan Bangka Belitung adalah menerima penghargaan Paramakarya untuk Usaha Kecil Menengah terbaik, Juara 3 Water Rescue Bakti Sosial Tagana. Selain itu Provinsi Kepulauan Bangka Belitung meraih juara lomba masak ikan tingkat nasional kategori kudapan dan penghargaan Terbaik 1 kategori Dinas Kehutanan/Dinas Lingkungan Hidup pada pameran Indogreen Environment and Forestry Expo 2017.

Beberapa keberhasilan yang diraih oleh Provinsi Kepulauan Bangka Belitung merupakan hasil kerja keras dan kerja nyata dari masyarakat Bangka Beliltung. "Kita berharap prestasi yang lain akan terus kita raih, sehingga Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mampu sejajar bahkan bisa melebihi prestasi dari provinsi lain," kata Gubernur dengan semangat.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Evani
Fotografer: 
Adi Tri