Polda Babel Gelar Apel Operasi Lilin Dalam Rangka Persiapan Natal 2017 Dan Tahun Baru 2018

Pangkalpinang – Pada hari Kamis pagi (21/12/2017), Polda Kepulauan Bangka Belitung melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi “Lilin Menumbing 2017” di halaman Mapolda Babel. Dan tema acara tersebut adalah “Kita tingkatkan sinergi Polri dengan instansi terkait dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman pada perayaan Natal 2017 dan Tahun Baru 2018”.

Dalam pelaksanaan apel tersebut, Kepala Polisi Daerah Kepulauan Bangka Belitung Syaiful Zachri bertindak selaku pimpinan apel, dengan peserta apel gabungan dari kepolisian dan juga gabungan TNI Babel. Apel ini turut dihadiri oleh Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman beserta jajarannya.

Dalam sambutannya Kapolda Kepulauan Bangka Belitung Syaiful Zachri mengatakan bahwa apel ini sebagai pengecekan persiapan akhir terhadap seluruh personil pengamanan berikut perlengkapan sarana dan sarana pendukung, juga sebagai keterpaduan dan ketersiapan lintas sektoral dalam pengamanan bagi kamtibmas yang kondusif.

Upaya pengamanan tersebut merupakan tugas dari aparat keamanan, mengingat dalam waktu dekat akan diadakan perayaan natal dan perayaan pergantian tahun yang bersamaan dengan libur sekolah.

“Diharapkan pada momen ini semua berjalan aman, lancar, dan ini menjadi tugas kita sebagai aparat keamanan,” ungkap Kapolda.

Lebih jauh Kapolda mengungkapkan bahwa gangguan terhadap keamanan yang masih saja terjadi di Indonesia dapat mengganggu kelancaran beribadah dan juga dapat meresahkan masyarakat.

“Tantangan, hambatan, dan gangguan yang perlu diantisipasi adalah masih adanya serangan teror, bencana lalu lintas, bencana alam, ketersediaan dan kestablitasan harga bahan pokok serta potensi konflik dalam kehidupan masyarakat pada perayaan natal dengan aksi sweeping oleh ormas,” jelas Kapolda.

Sebelum  menggelar Operasi Lilin 2017, Kapolda mengatakan bahwa Polri didukung oleh TNI serta stakeholder lainnya seperti: Kemenhub, Kemenpora, Kemenkes, Pertamina, dan Jasa Marga dalam melaksanakan rapat koordinasi untuk menjamin kelancaran arus mudik dan arus balik.

Sedangkan untuk menjamin ketersediaan dan menjaga kestabilitasan harga bahan pokok, Polri melakukan kerjasama dengan Kemendag, Kemenperin, Badan POM, telah melaksanakan langkah-langkah preventif.

“Upaya ini akan terus dilaksanakan sepanjang Operasi Lilin 2017 ini berlangsung, dimulai sejak tanggal 23 November 2017 hingga 1 januari 2018,” pungkas Kapolda.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
khalimo
Fotografer: 
Khalimo