The Powet Of Bunda PAUD, Ibu Melati Erzaldi Ingin Pendidikan Usia PAUD Terperhatikan

PANGKALPINANG - Ibu Melati Erzaldi, selaku bunda PAUD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, didampingi langsung oleh Gubernur Babel Erzaldi Rosman, hadir langsung dalam pembukaan Rapat Koordinasi bunda PAUD serta seminar jurnalistik dan menulis dongeng anak tingkat Provinsi Tahun 2019 yang diadakan di Ruang Pertemuan Gedung TP PKK Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Jumat (20/09).

Pelaksanaan kegiatan ini agar terjalin hubungan baik antar Bunda PAUD se Provinsi serta terus berkiprah dan memberikan yang terbaik bagi kemajuan pendidikan anak usia dini, seperti tema yang diangkat dalam kegiatan ini, yaitu “Melalui seminar jurnalistik dan menulis dongeng anak, kita tingkatkan semangat literasi bagi para pendidikan PAUD guna mewujudkan PAUD yang berkwalitas”.

Tentunya ini merupakan hasil kerjasama dan koordinasi serta komunikasi antara unsur Pokja Bunda PAUD Provinsi dengan Pokja Bunda PAUD Kabupaten/ Kota dan Kecamatan. 
Peserta yang hadir dalam Rakor dan Seminar ini, setidaknya berjumlah 135 orang dari seluruh Kabupaten/ Kota di Babel, yang terdiri dari twnaga pendidik dan Bunda PAUD sendiri. 

Secara khusus giat ini bertujuan untuk melakukan advokasi, konsolidasi, sosialisasi dan sinkronisasi Bunda PAUD se Babel, sekaligus untuk meningkatkan literasi antar pendidik dan bunda PAUD khususnya menulis dongeng anak-anak. 

Gubernur Erzaldi Rosman, dalam sambutannya begitu menegaskan pentingnya pendidikan anak usia nol hingga delapan tahun pertama, sebab 75% perkembangan otaknya pada usia ini. Gubernur Erzaldi begitu tegas juga menyampaikan bahwa maintenance nya ada pada Bunda PAUD.
“Perlu hati sebagai modal utamanya”, ungkapnya dalam sambutan.

“Saya yakinkan, betapa berharganya Bunda-Bunda PAUD terhadap perkembangan otak anak-anak usia PAUD, kaitannya jika sukses pendidikan usia PAUD, maka sukseslah Bangsa kita kedepannya”, harapnya.

Lebih lanjut disampaikan kekhawatiran jika kegitan-kegiatan pada PAUD ini tidak diminati oleh pengambil keputusan.
Sebab diakuinya, beberapa tahun terakhir terus diusahakan dukungan anggaran untuk urusan PAUD, tetapi lagi-lagi mentah sebab kewenangannya ada pada Kabupaten/ Kota.
“Kami pada Pemerintah Provinsi akan membantu mengkoordinir dari sisi lain, seperti CSR pada perusahaa-perusahaan di Babel untuk mendukung program-program di Kabupaten/ Kota”, janjinya.

Demikian pula yang disampaikan Ibu Melati Erzaldi, beliau berharap bersama-dengan Kabupaten/ Kota dapat memajukan pendidikan usia PAUD dengan bersinergi antar Bunda PAUD Kabupaten/ Kota dengan Provinsi. 
Ibu Melati juga mengingatkan bahwa jika Bunda PAUD Kabupaten/ Kota tidak aktif, maka kegiatan PAUD akan terus tidak terperhatikan.
“The Power Of Bunda PAUD. Energi positive kita sebagai Bunda PAUD harus digunakan, bagaimana cara nya agar kita bisa bergerak, yaitu dengan bersinergi dengan OPD-OPD”, tegasnya mengingatkan tidak adanya anggaran yang melekat pada kegiatan-kegiatan Bunda PAUD. 

Dengan demikian diharapkan tercapai visi program PAUD dalam mewujudkan anak usia dini yang sehat, cerdas, ceria, berbudi luhur serta memiliki kesiapan fisik dan mental.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Nona Dian Pratiwi