Presstour, Pemkot dan Wartawan Salatiga Kunjungi Babel

Pangkalpinang - K. A Tajudin Asisten Bidang Administrasi Umum mengharapkan kunjungan dari Pemkot Salatiga dapat menjadi sarana yang baik untuk berkomunikasi, bertukar informasi dan pengetahuan serta pengalaman  antara pemerintah daerah. Selain itu juga nantinya akan berdampak pada peningkatan pelayanan pemerintah kepada masyarakat.
Demikian disampaikan K. A Tajuddin Assisten III Bidang Administrasi Umum Setda Prov Kep Bangka Belitung saat menerima Pj Walikota Salatiga bersama rombongan di Lt III Kantor Gubernur, Rabu (22/03/17).

Kunjungan Pemkot Salatiga ini terdiri dari pejabat perangkat daerah dan kalangan media yang ada di Salatiga. Kedatangan Pj Walikota dan rombongan untuk mengetahui tentang kegiatan kehumasan, pengelolaan media dan penyebarluasan informasi di Pemprov Babel. Selain itu rombongan ingin mengetahui pariwisata Babel, seperti keindahan pantai di Babel.

K. A Tajuddin menambahkan bahwa tujuan utamanya untuk silaturahim dan mendekatkan pemerintah daerah dengan media. Hasil dari kunjungan ini mampu memberikan masukan yang berharga demi kemajuan pembangunan daerah baik provinsi maupun Pemkot Salatiga.

"Selamat datang dan menikmati keindahan Babel. Semoga hasil ini mampu memberikan peningktan bagi pelayanan kiita kepada masyarakat demi terwujudnya good government," ucapnya.

Sementara Achmad Rofai Pj Walikota Salatiga mengatakan bahwa kunjungan ke daerah lain rutin setiap tahun dilakukan dan untuk tahun ini Pemprov Babel dipilih. Pemkot Salatiga ingin mendapatkan ilmu tentang kehumasan, pengelolan media dan informasi dari pemprov Babel. Selama ini Pemkot Salatiga sebenarnya telah menjalin hubungan yang baik dengan media dan sangat komunikatif.

"Selama ini Pemberitaan yang dilakukan media di Salatiga  cukup proporsional. Berita baik dan buruk tetap disampaikan. Namun dengan kunjungan ini tatakeloa yang kurang bisa diperbaiki dengan masukan dari media dan hasil dari kunjungan ini," ucapnya.

Selanjutnya, Achmad menuturkan selain melakukan tukar informasi, pihaknya juga ingin mengetahui tentang penerintah, pembangunan, sekaligus menikmati pariwisata di Babel, khusunya Belitung yang terkenal dengan laskar pelanginya.

"Pariwisata Babel sudah cukup terkenal. Kami menikmati kuliner dan pantainya. Indah sekali dan suasananya sejuk. Salatiga tidak jauh berbeda dengan Pangkalpinang, nuansa kebhinekaanya sangat tinggi dan kulinernya sangat ciamik," tuturnya.

Selanjutnya, Suharto Kadis Kominfo Prov Kep Babel mengatakan bahwa diskomnfo merupakan corong pemerintah untuk menyebarkan informasi kepada publik. Sebagai corong pemerintah, diskominfo menjalin komunikasi dan hubungan baik dengan media. Dalam hal Penyebarluasan informasi, diskominfo melakukan kemitraan dengan media swasta dan memanfaatkan media-media komunikasi lainnya.

"Penyebaran informasi dilakukan melalui media cetak, elektronik, online, tatap muka, dan media luar ruang. Website pemerintah provinsi dikelola oleh diskominfo, dan ini jadi sarana yang baik untuk publisitas kegiatan pemerintah. Selain itu, Media Center/Rumah Media dan Radio juga menjadi sarana komunikasi pemerintah kepada publik,"

Suharto menambahkan salah satu program yang dimiliki untuk interaksi dengan masyarakat adalah program acara Babel Menyapa. Dimana program ini bentuk interaksi antara pemerintah dengan masyarakat. Pemerintah menerima masukan atau aduan permasalahan melalui Babel Menyapa.

"Babel Menyapa itu untuk menerima masukan dari masyarakat. Jadi masyarakat bisa menyampaikan persoalan yang terjadi lewat ini. Lewat radio juga disiarkan iklan layanan masyarakat. Nantinya ini juga bisa diterapkan di Kota Salatiga," ujar Suharto.

Setelah melakukan pertemuan di Lt. III Kantor Gubernur, Pj Walikota dan rombongan diajak mengunjungi Rumah Media yang berada di belakang Kantor Gubernur dan selanjutnya terbang jam.13.30 untuk melanjutkan tour ke Pulau Belitung.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Surianto
Fotografer: 
Adi Tri Saputra