Produk UMKM Babel Ikuti Pameran UKM dan Halal Food MTQ Nasional  XXVII

PANGKALPINANG – Sejumlah produk dari usaha mikro kecil menengah (UMKM) Bangka Belitung dipamerkan pada Pameran UKM dan Halal Food MTQ Nasional  XXVII di Medan, 6 - 12 Oktober 2018.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Hj Elfiyena menyatakan bahwa produk-produk UMKM Babel akan terus dipromosikan di berbagai daerah dan berbagai iven. Provinsi Kepulauan Bangka Belitung diwakili Dinas Koperasi UKM Perdagangan dan Tenaga Kerja Kab Belitung ikut membuka stand untuk promosikan produk UKM.

"Expo atau pameran memang diharapkan sebagai sarana promosi yang efektif dan efisien bagi produk unggulan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Kita tentu berharap produk UMKM Babel khusunya Belitung semakin berkembang dan dikenal baik dalam maupun luar negeri,” katanya, Senin (8/10/18).

Menurut dia, keikutsertan produk UMKM pada bazar atau pameran MTQ juga bertujuan untuk menciptakan wahana interaksi bisnis langsung bagi para pengelola dan pengusaha UMKM, utamanya dengan para investor, pembeli serta kalangan lainnya.

“Tentunya kita berharap keikutsertaan pelaku UMKM bisa meraih peluang bisnis, membangun jaringan komunikasi dan menjalin kerja sama yang saling menguntungkan dan pada akhirnya dapat meningkatkan omzet penjualan mereka," harapnya.

Hj Elfiyena menuturkan produk yang dipamerkan beraneka ragam, mulai dari makanan, minuman, kerajinan tangan dan produk industri rumah tangga yang beberapa di antaranya merupakan produk unggulan khas daerah dari Kab Belitung.

"Lima pelaku UMKM yang ikut. Produk-produk yang ditampilkan seperti Kopiah Resam, kerajinan batu satam, kerupuk, teri krispi, kritcu, pilus, madu, coklat, terasi, lada, kopi lada, teh kelor, gula semut dan beberapa kerajinan lainnya," tuturnya.

Pameran UKM dan Halal Food MTQ Nasional  XXVII  berlangsung dari tanggal 6 sampai dengan 12 Oktober di Gedung Serba Guna Pemprov Sumut di Medan. MTQ Nasional Expo ini diikuti stand dari 33 provinsi di Indonesia.

Stand UMKM  Kab Belitung yang menampilkan produk UMKM unggulan tampaknya cukup menarik pengunjung. Pada kesempatan itu, stand UMKM Kab Belitung mendapat kunjungan Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi beserta istri, dan Wakil Gubernur Kep Babel Abdul Fatah didampingi Karo Kesra Setda Prov Ke Babel serta Kepala Dinas Koperasi UKM Perdagangan dan Tenaga Kerja Kab Belitung.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Anto
Editor: 
Mamaq