Program KB Cara Tepat Kendalikan Pertumbuhan Penduduk

Pangkalpinang - Angka pertumbuhan penduduk Provinsi Bangka Belitung saat ini tinggi dibandingkan dengan angka pertumbuhan ekonomi. Jika tidak diatasi, ini akan menjadi salah satu faktor inflasi di Bangka Belitung. Untuk itu, program Keluarga Berencana merupakan cara yang paling tepat dalam mengantisipasi pertumbuhan penduduk.

Demikian dikatakan oleh Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Yan Megawandi saat membuka acara Lokakarya Pembentukan dan Pertemuan Kelompok Advokasi Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) di Hotel Cordela Pangkalpinang, pada hari Kamis (2/8/2018).

Sekda menjelaskan, laju pertumbuhan penduduk memiliki pengaruh yang sangat penting di semua level pemerintahan. Menurut Sekda, dalam mewujudkan program Nawacita salah satunya harus didukung oleh peningkatan kualitas sumber daya manusia. Jika kualitas sumber daya manusia baik, maka pertumbuhan ekonomi juga akan baik.

"Laju pertumbuhan penduduk ini berpengaruh di semua level pemerintahan. Maka untuk mewujudkan program Nawacita Presiden harus didukung oleh SDM yang berkualitas. Jika SDM nya baik, maka pertumbuhan ekonomi pun baik, " ujar Sekda.

Untuk mewujudkan keluarga yang berkualitas, dapat dilakukan dengan berbagai cara, antara lain dengan pengendalian kuantitas penduduk melalui program Keluarga Berencana (KB), penguatan dasar hukum KB, maupun penguatan data KB. Untuk itu diperlukan kerjasama yang baik antara pemerintah dengan instansi terkait.

Dalam kesempatan ini, Sekda menghimbau mulai saat ini dan seterusnya dalam rangka memeriahkan kemerdekaan RI yang ke-73 harus selalu diwarnai hal-hal yang positif. Salah satunya dengan cara menolak ujaran kebencian dan berita hoax. Cara tersebut juga akan membantu membentuk masa depan anak-anak yang lebih berkualitas.

"Mulai saat ini dan seterusnya dalam rangka mendukung kemerdekaan kita yang ke-73 tahun 2018, kehidupan kita semua harus selalu diwarnai dengan hal-hal yang positif. Misalnya, menolak ujaran kebencian dan berita hoax. Ini juga dapat membantu membentuk masa depan anak-anak kita yang lebih berkualitas, " imbuh Sekda.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Suci Lestari (Pratana Humas Diskominfo Babel)