Provinsi Dan Kabupaten/Kota Bahas Tujuh Agenda Pembangunan

MUNTOK - Kerjasama dan sinergitas Gubernur dengan Bupati dan Walikota di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung terus terjalin. Salah satunya adalah digelarnya Rapat Koordinasi Teknis (rakortek)  antara OPD Pemerintah Provinsi dengan Pemerintah Kabupaten/Kota.

Rakortek tersebut diselenggarakan untuk membahas beberapa isu pembangunan strategis yang akan disepakati sebelum dibawa ke Rapat Koodinasi Gubernur dengan Bupati dan Walikota.

Rapat Koordinasi Teknis ini dilaksanakan di Gedung Sriwijaya PT. Timah, Tbk Unit Metalurgi Mentok Kabupaten Bangka Barat pada hari Selasa (07/08). Pada pertemuan tersebut,  ada 7 (tujuh)  agenda penting yang diangkat pada rakortek ini,  yaitu Stunting (angka kematian anak dan ibu), RZWP3K (Rencana Zonasi Wilayah Pulau-Pulau Kecil), dan pelabuhan. Selain itu agenda yang dibahas lainnya adalah penyelenggaraan event-event pariwisata,  Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Regional,  serta bantuan keuangan provinsi kepada kabupaten/kota dalam aspek perencanaan dan pelaksanaan. 

Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Abdul Fatah mengatakan bahwa berbagai permasalahan yang diangkat dalam rakortek ini akan dicarikan solusi bersama-sama. Selain itu juga perlu persamaan persepsi dan kerjasama yang lebih baik sesuai dengan kewenangan yang dimiliki. 

Dari hasil tersebut,  Wakil Gubernur menyampaikan bahwa selanjutnya akan dirumuskan menjadi suatu hasil rapat yang realistis dapat dilaksanakan. 

"Hasil rakortek ini akan ditandatangani oleh Gubernur dan Bupati/Walikota se-Provinsi Kepulauan Bangka Belotung sebagai bentuk kesepakatan. Saya sangat berharap seluruh peserta dapat serius dalam mengurai persoalan-persoalan di Bangka Belitung, " harap Wakil Gubernur.  

Wakil Gubernur berharap dari rapat koordinasi teknis ini stakeholder terkait dapat dapat mendorong percepatan pembangunan nasional serta memantapkan kerjasama pembangunan melalui penandatanganan kesepahaman (MoU) antara provinsi dan kabupaten/kota. 

Dalam rapat koordinasi teknis tersebut,  hadir Bupati Bangka Barat Parhan Ali serta beberapa Kepala OPD baik di lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan Pemerintah Kabupaten/Kota. Setidaknya OPD dari Dinas Kesehatan, Dinas P3ACSKB, Dinas Kelautan dan Perikanan, Bappeda, Dinas Perhubungan, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Dinas Lingkungan Hidup dan Bakuda menjadi peserta untuk mendukung data dan informasi dalam pelaksanaan rapat koordinasi teknis.

Selanjutnya hasil dari rakortek ini akan dibawa pada acara puncak Rapat Koordinasi Gubernur dan Bupati/Walikota se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung,  dan selanjutnya ditandatangani pada hari Rabu tanggal 8 Agustus 2018 bertempat di Wisma Ranggam Mentok Kabupaten Bangka Barat. 

 

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Nona DP (Pranata Humas Diskominfo Babel)