Rakor Diskominfo Hasilkan Enam Kesepakatan Bidang Statistik

MUNTOK - Rapat Koordinasi Forum Perangkat Daerah Dinas komunikasi dan informatika se-Provinsi kepulauan Bangka Belitung menghasilkan enam kesepakatan bersama di bidang statistik.

Sri Nurcahyani Kasi Pengelolaan data dan Statistik Dinas Komunikasi dan Informatika Propinsi Kepulauan Bangka Belitung mengatakan, sesuai dengan hasil diskusi Rapat Koordinasi Forum Perangkat Daerah Dinas Komunikasi dan Informatika Se- Propinsi Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2018 menghasilkan enam kesepakatan khusus bidang statistik.



"Berdasarkan hasil kesepakatan, maka beberapa hal yang perlu menjadi kesepakatan untuk ditindaklanjuti oleh Pemerintah Provinsi Babel dan Pemerintah kabupaten/kota dalam bidang statistik," ujarnya  pada Kamis (8/3) di Hotel Pasadena Muntok Kabupaten Bangka Barat.

Adapun enam hasil kesepatan tersebut, Pertama, Dinas Kominfo Provinsi Babel dan kabupaten/kota meningkatkan koordinasi dengan Ditjen Bina Pembangunan Daerah Kementerian Dalam Negeri  dalam rangka men-sinergikan kebijakan dan program dalam bentuk Pembinaan dan Bimbingan Teknis ASN di bidang penyelenggaraan Statistik Sektoral Daerah, khususnya penyediaan pejabat fungsional statistik.

Kedua, Dinas Kominfo Provinsi dan Kabupaten/Kota melaksanakan Optimalisasi Forum Data dalam rangka menfasilitasi kebutuhan data dan informasi statistik sektoral daerah bagi kebutuhan perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian pembangunan daerah, serta sebagai sarana pengembangan SDM, koordinasi, sinkronisasi dan validasi data.

Ketiga, Dinas Kominfo Provinsi Babel dan kabupaten/kota melaksanakan optimalisasi pemenuhan infrastruktur untuk penyelenggaraan statistik sektoral daerah.

Keempat, dinas Kominfo Provinsi Babel memfasilitasi usulan ASN bidang statistik di provinsi/kabupaten/kota untuk mengikuti bimbingan teknis penyelenggaraan statistik sektoral daerah.

Kelima, Dinas Kominfo Provinsi Babel dan kabupaten/kota melaksanakan koordinasi dengan BPS dalam Penyediaan NSPK (Norma, Standar, Prosedur dan Kriteria) penyelenggaraan statistik sektoral daerah.

Keenam, Komitmen daerah (Perda dan Peraturan Kepala Daerah) untuk mendukung penyelenggaraan statistik sektoral daerah menuju terwujudnya satu data di daerah.

 

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Suci Lestari/Evani
Fotografer: 
Adi Tri Saputra
Editor: 
Irwanto