Rakor Diskominfo Provinsi se Indonesia, Sudarman: Sinergi Program Pusat dan Daerah

PANGKALPINANG -- Rencananya minggu ketiga bulan ini Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) provinsi se Indonesia menggelar rakor. Rapat itu bertujuan mensinkronisasikan program pusat dengan daerah. Pasalnya selama ini bantuan dana program dari Kemenkominfo RI ke daerah masih belum maksimal.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Sudarman menjelaskan, belakangan ini minim bantuan dana program dari Kemenkominfo RI. Contohnya, dana dekonsentrasi dari kementerian tak mengalir ke daerah. Semestinya kementerian memikirkan untuk pengembangan program di daerah.

"Kemenkominfo tidak seperti kementerian lain yang mengucurkan dana untuk pengembangan program di daerah. Bahkan ketika menggelar kegiatan di tingkat kabupaten, tidak berkoordinasi dengan Dinas Kominfo provinsi," kata Sudarman di Kantor Diskominfo Babel, Senin (8/10/2018).

Tak jarang, acara yang digelar Kemenkominfo RI di kabupatan tanpa berkoordinasi dengan pemerintah provinsi. Lebih jauh Sudarman menjelaskan, sangat diperlukan koordinasi dan sinkronisasi program pemerintah pusat dengan pemerintah daerah. Sehingga pengembangan program berjalan searah.

Kadis Kominfo Sudarman menambahkan, tahun ini Diskominfo Babel dipercaya sebagai tuan rumah penyelenggaraan rakor Kominfo tingkat provinsi. Persiapan sudah mulai dilakukan dan rencananya rakor digelar selama tiga hari terhitung mulai tanggal 17 hingga 19 Oktober. 

Adapun agenda dihari pertama, registrasi kedatangan peserta. Acara inti rakor digelar hari kedua dengan berbagai materi di antaranya, kebijakan pembangunan infrastruktur IT di Babel. Materi ini rencananya disampaikan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman. Selain itu ada juga pemateri dari Askompsi serta kepala BSSN.

"Hari ketiga diisi dengan agenda City Tour dan kepulangan peserta rakor ke daerah masing-masing. Kita mengharapkan agar pelaksanaan kegiatan ini sesuai dengan rencana. Untuk itu, semua persiapan mulai dilakukan sejak dini," kata Sudarman.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Huzari
Fotografer: 
Adi Tri Saputra